Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Sebabkan Masalah Jantung, Kenali 7 Risiko Binge Watching

KOMPAS.com - Era streaming telah mengubah segalanya tentang cara orang melihat televisi.

Anda tidak perlu lagi menunggu episode baru acara favorit Anda karena banyak perusahaan hiburan telah merilis seluruh musim dan rangkaian acara sekaligus.

Ini mengarah pada konsep baru yang disebut binge-watching.

Melansir dari Very Well Health, binge-watching merupakan tindakan menonton banyak episode televisi dalam sekali duduk.

Aktivitas ini menjadi semakin umum dengan semua opsi streaming yang tersedia bagi konsumen, termasuk Netflix, Hulu, dan Amazon Video.

Anda dapat melakukan streaming layanan ini di televisi atau perangkat elektronik lainnya, seperti laptop, tablet, atau ponsel.

Namun, para ahli kesehatan memperingatkan bahwa kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko memiliki kondisi kesehatan serius, termasuk penyakit kardiovaskular (penyakit jantung), depresi, masalah tidur, dan kecanduan.

Seiring waktu, binge watching dapat membahayakan kesehatan Anda dengan cara yang mungkin tidak Anda duga.

Di antara kekhawatiran yang dikemukakan para peneliti adalah penurunan aktivitas fisik, masalah tidur dan kelelahan, pembekuan darah, masalah jantung, pola makan yang buruk, isolasi sosial, kecanduan perilaku, dan penurunan kognitif.

Berikut ini risiko dari binge watching yang mungkin bisa terjadi.

Ketidakaktifan fisik

Menurut National Institutes for Health (NIH), gaya hidup yang sebagian besar tidak aktif secara kausal terkait dengan sejumlah hasil kesehatan yang buruk, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis, stroke, dan gangguan mood, seperti kecemasan dan depresi.

Semakin Anda menetap, semakin tinggi risiko Anda untuk kondisi ini.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak juga dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Sebuah penelitian yang dilaporkan pada April 2020 di International Journal of Environmental Research menyarankan perbandingan antara duduk aktif, seperti bekerja di depan komputer di meja, dan duduk nonaktif seperti menonton televisi.

Duduk Non-aktif, sebagai peneliti mengatakan, mungkin terkait dengan indeks massa tubuh dan tubuh 25 persen lebih tinggi lemak pada orang dewasa yang lebih muda.

Hubungan antara massa tubuh dan lemak tubuh tidak setinggi dengan duduk aktif.

Di sini, para peneliti menekankan pentingnya mengalokasikan waktu duduk ke waktu aktif untuk mengurangi risiko kondisi yang terkait dengan duduk tidak aktif.

Diet yang Tidak Sehat

Binge-watching juga dapat menyebabkan kebiasaan diet yang tidak sehat, menurut peneliti dari University of Michigan.

Pada Konferensi Tahunan Asosiasi Komunikasi Internasional ke-67 (2017), para peneliti membahas hubungan antara binge watching dan pilihan gaya hidup yang buruk.

Di sini, mereka mencatat bahwa binge watching mendorong untuk tidak tidur, konsumsi makanan yang tidak sehat, ngemil yang tidak sehat, dan perilaku menetap.

Sebuah penelitian yang dilaporkan pada Maret 2020 di American Journal of Clinical Nutrition mengaitkan menonton televisi dengan gangguan makan.

Gangguan makan, menurut para peneliti, mengarah ke makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

Masalah Tidur dan Kelelahan

Anda membutuhkan tidur karena tidur memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan fisik serta kualitas hidup Anda.

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), tidur diperlukan untuk fungsi otak yang tepat, menjaga kesehatan fisik, dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada anak-anak dan remaja.

Kekurangan tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik yang serius, cedera, kehilangan produktivitas, dan risiko kematian dini yang lebih tinggi.

Sebuah laporan Agustus 2017 di Journal of Clinical Sleep Medicine, menemukan bahwa binge watching berhubungan dengan kualitas tidur yang lebih buruk, peningkatan kelelahan, dan gejala insomnia.

Penggumpalan darah

Berjam-jam yang Anda habiskan untuk menonton serial favorit Anda mungkin terasa menyenangkan, tetapi pembuluh darah Anda mungkin tidak setuju.

Dalam sebuah studi tahun 2018 yang dilaporkan dalam Journal of Thrombosis and Thrombolysis, para peneliti menemukan duduk lama untuk menonton pesta mirip dengan perilaku menetap yang berkepanjangan untuk penerbangan panjang atau selama sakit — itu dapat meningkatkan risiko deep-vein thrombosis (DVT).

Dalam studi ini, peneliti menemukan orang yang duduk dalam waktu lama sambil menonton dan streaming televisi memiliki risiko hingga 70 persen lebih tinggi untuk mengalami penggumpalan darah dibandingkan orang yang jarang menonton TV.

Risiko itu tetap ada bahkan jika seseorang tidak kelebihan berat badan dan masih aktif secara fisik.

Kesehatan jantung

Duduk untuk waktu yang lama dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda dan aktivitas tertentu mungkin lebih buruk daripada yang lain.

Sebuah penelitian yang dilaporkan pada tahun 2019 dalam Journal of American Heart Association bertujuan untuk membandingkan dua jenis perilaku menetap—menonton TV versus duduk di tempat kerja, seperti di meja kerja.

Para peneliti menemukan bahwa menonton televisi yang berlebihan dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk kejadian penyakit kardiovaskular (CVD) dan semua penyebab kematian (angka kematian dari semua penyebab) sementara duduk di tempat kerja tidak terkait dengan kedua hasil tersebut.

Menonton televisi secara teratur empat jam atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian dini hingga 50 persen, dibandingkan dengan orang yang menonton televisi dua jam atau kurang setiap hari.

Mereka menyimpulkan bahwa mengurangi jumlah waktu menonton TV lebih efektif untuk mengurangi risiko CVD daripada mengurangi duduk di tempat kerja.

Isolasi sosial

Orang-orang yang melakukan binge watching cenderung melakukannya dalam kesendirian dan para peneliti percaya bahwa semakin orang yang mengisolasi diri mereka sendiri.

Menurut sebuah laporan dalam Journal of Behavioral Addictions edisi Desember 2017, ada hubungan antara isolasi sosial, binge watching, dan hasil kesehatan mental yang buruk.

Sementara penulis laporan tidak secara khusus membahas tautan tersebut, mereka mengonfirmasi betapa mudahnya menonton pesta bisa menjadi kecanduan dan menyalip kehidupan sosial seseorang.

Mereka menyimpulkan dengan mencatat pentingnya mengelola perilaku bermasalah yang berkembang ini.

Studi lain—yang ini dari tahun 2015 dari University of Texas Austin—menemukan orang yang kesepian dan depresi lebih cenderung melakukan binge watching.

Binge watching di antara kelompok studi ditemukan sebagai cara untuk mengelola perasaan negatif.

Para peneliti menyarankan bahwa binge-watching sangat diperhatikan di sini karena efek terlalu banyak menonton televisi sambil menghadapi perasaan kesepian dan depresi dapat menyebabkan kelelahan fisik, obesitas, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Mereka lebih lanjut mencatat bahwa binge-watching dapat mempengaruhi tanggung jawab kerja dan hubungan pribadi karena dapat menyebabkan orang mengabaikan hal-hal ini.

Kecanduan Perilaku

Menonton pesta mungkin dianggap sebagai kecanduan perilaku.

Memiliki kecanduan perilaku berarti Anda bergantung pada dan mendambakan perilaku tertentu.

Kecanduan perilaku dapat mencakup apa saja dari judi untuk seks dan videogame dan ya, bahkan, saat menonton.

Menurut laporan tahun 2017 di Journal of Clinical Sleep Medicine, binge-watching dapat memengaruhi pusat kesenangan otak pada beberapa orang dengan cara yang sama seperti kecanduan lainnya.

Binge-watching mungkin memberikan rasa kepuasan yang menyebabkan seseorang untuk overindulge ke titik bahwa binge-watching mempengaruhi kegiatan sehari-hari dan komitmen, termasuk kerja dan sekolah.

Sebuah tinjauan studi tentang kecanduan televisi dari 2013 di Journal of Behavioral Addictions menunjukkan fitur ketergantungan menonton TV membuatnya sulit untuk dihentikan.

Faktor-faktor ini menyerupai fitur neurologis terlihat pada kecanduan.

Menurut penulis tinjauan, orang yang menghabiskan banyak waktu menonton televisi dapat mengalami berbagai konsekuensi fisik peran, sosial, dan menetap ketika menonton mereka tidak terkendali.

Seperti kecanduan lainnya, binge-watching bukanlah satu-satunya kecanduan mereka.

Di sini, penulis tinjauan menyarankan bukti ini merupakan indikasi kebutuhan yang kredibel untuk pendekatan pencegahan dan pengobatan terhadap kecanduan televisi.

Penurunan Kognitif

Jika Anda menghabiskan berjam-jam melakukan binge-watching, Anda mungkin ingin mempertimbangkan efeknya pada kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang dilaporkan pada tahun 2019 dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa binge-watching berlebihan dapat menyebabkan penurunan kognitif di kemudian hari.

Dalam studi ini, peneliti menggunakan data dari 3.000 orang dewasa di atas usia 50 tahun yang menonton televisi lebih dari 3,5 jam setiap hari.

Mereka menemukan menonton TV dalam jumlah ini dikaitkan dengan memori verbal yang buruk setelah enam tahun dan efek ini paling kuat untuk orang-orang yang awalnya tampil lebih baik pada awal penelitian.

Para peneliti menyarankan bahwa alih-alih menghabiskan berjam-jam menonton TV, orang harus melibatkan diri dalam kegiatan membangun pikiran.

Ini termasuk kegiatan seperti membaca, teka-teki, permainan, dan latihan fisik.

https://health.kompas.com/read/2021/12/02/160000168/bisa-sebabkan-masalah-jantung-kenali-7-risiko-binge-watching

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke