Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Cara Menghilangkan Biang Keringat secara Alami

Seperti diketahui, biang keringat adalah masalah kesehatan yang sekilas ringan tapi cukup menjengkelkan.

Selain ruam kemerahan dan muncul bintik kecil-kecil seperti beruntusan, biang keringat juga bisa menyebabkan rasa gatal dan sedikit nyeri di kulit.

Meskipun terasa cukup mengganggu, cara mengatasi biang keringat biasanya cukup mudah. Simak penjelasan berikut.

Cara menghilangkan biang keringat secara alami

Cara mengobati biang keringat secara alami sebenarnya cukup dengan menjaga suhu tubuh dan kulit agar tetap dingin.

Dengan begitu, lebih sedikit keringat yang keluar dan risiko kelenjar keringat tersumbat bisa dikurangi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mandi dengan pancuran air dingin

Dilansir dari Healthline, biang keringat biasanya berkurang setelah kondisi kulit dingin. Untuk itu, coba mandi dengan pancuran air dingin, sehingga pori-pori kulit bisa terbuka.

Ingat, pastikan Anda mengeringkan kulit dengan seksama setelah mandi. Jika kulit masih lembap setelah mandi, biang keringat rentan teriritasi.

  • Gunakan kipas angin atau pendingin udara

Biang keringat rentan muncul ketika udara panas dan produksi keringat meningkat. Jika memungkinkan, gunakan kipas angin atau pendingin udara untuk membantu mengurangi gerah dan mengatasi biang keringat.

  • Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat

Ketika biang keringat kumat, sebisa mungkin hindari memakai pakaian ketat dan tidak menyerap keringat seperti poliester atau kain sintetis. Pakai pakaian yang longgar dan berbahan katun yang nyaman.

  • Kompres dingin

Kompres dingin juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan biang keringat secara alami. Caranya, bungkus es batu dengan handuk kecil atau waslap. Lalu tempelkan kompres ke bagian kulit yang ruam.

  • Gunakan havermut

Havermut atau oatmeal bisa membantu mengurangi peradangan, termasuk untuk biang keringat. Caranya, masukkan satu atau dua cangkir havermut ke dalam bak mandi berisi air hangat. Gunakan berendam selama 20 menit.

Jika kulit biang keringat tidak tahan direndam, buat campuran havermut dan air dengan perbandingan satu banding satu. Setelah diaduk sampai merata, oleskan ke bagian biang keringat.

  • Manfaatkan kayu cendana

Studi menunjukkan, kayu cendana memiliki bahan aktif anti-peradangan dan anti-nyeri yang baik untuk biang keringat.

Cara mengatasi biang keringat secara alami dengan kayu cendana bisa dengan mencampurkan dua sendok makan bubuk kayu cendana dengan satu sendok makan air. Lalu oleskan ke bagian biang keringat.

  • Mandi berendam dengan bubuk soda kue

Bubuk soda kue yang biasanya tersedia di dapur juga dapat membantu menenangkan biang keringat.

Cara mengobati biang keringat pakai bubuk soda kue cukup praktis. Tambahkan tiga sampai lima sendok makan soda kue ke dalam bak mandi berisi air hangat. Gunakan untuk berendam selama 20 menit.

  • Oleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat antiperadangan dan antiseptik alami yang dapat mendinginkan kulit sekaligus mencegah infeksi. Oleskan lidah buaya ke biang keringat untuk membantu mengatasi masalah kulit ini.

  • Taburkan bedak tanpa pewangi

Bedak tabur juga bisa membantu mengurangi atau menyerap keringat. Untuk biang keringat, pilih bedak tabur tanpa pewangi agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Oleskan sampai merata ke bagian biang keringat.

  • Mandi dengan garam epsom

Tambahkan garam epsom di air yang digunakan untuk mandi. Gunakan larutan ini untuk mandi seperti biasa dan jangan lupa jangkau bagian biang keringat. Ingat, jangan sampai tertelan karena bahan alami ini bisa menyebabkan diare.

  • Konsumsi makanan tinggi vitamin C

Dilansir dari Women’s Health, studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari bisa membantu mengurangi gejala biang keringat.

Untuk itu, coba konsumsi makanan tinggi vitamin C seperti stroberi, kiwi, brokoli, paprika, pepaya, jambu, dan jeruk saat biang keringat kambuh.

  • Oleskan calamine

Salep atau krim yang mengandung calamine juga bisa membantu mengatasi biang keringat secara alami. Bahan aktif obat alami ini mengandung formula anti-peradangan yang efektif untuk biang keringat.

  • Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Cara mengobati biang keringat secara alami yang perlu dijajal lainnya yakni gunakan produk perawatan kulit yang tepat.

Saat penyakit kambuh, pilih tabir surta berbasis air yang tidak menyumbat pori-pori kulit. Hindari juga sabun yang terlalu keras di kulit. Pilih produk perawatan kulit dengan formula lembut.

Berapa lama biang keringat sembuh?

Setelah menjajal beberapa cara menghilangkan biang keringat secara alami di atas, biasanya masalah kesehatan ini sembuh dalam waktu sekitar empat hari.

Jika biang keringat berlangsung berkepanjangan dan gejalanya semakin parah seperti ruam bernanah sampai nyeri tak tertahankan, segera konsultasikan ke dokter.

Setelah memeriksa pasien, dokter biasanya akan meresepkan obat sesuai akar penyebab penyakit ini.

Apa penyebab biang keringat?

Penyebab biang keringat umumnya karena penyumbatan saluran keringat atau pori-pori kulit.

Kondisi ini menyebabkan keringat terperangkap atau terjebak di bawah permukaan kulit.

Semakin panas kondisi sekitar, produksi keringat biasanya jadi semakin banyak dan biang keringat semakin parah.

Setelah menyimak beberapa cara menghilangkan biang keringat secara alami sampai mengenali penyebabnya di atas, tak ada alasan Anda panik jika terkena masalah kulit ini.

https://health.kompas.com/read/2022/05/11/190100568/13-cara-menghilangkan-biang-keringat-secara-alami

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke