Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Isu Utama Pertemuan Pertama Menteri Kesehatan Anggota G20

Pertemuan yang difasilitasi Kementerian Kesehatan RI ini turut mengundang Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan CEO Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI).

Selain itu, acara juga bakal dihadiri Sekjen Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi Eropa (OECD, Direktur Eksekutif Global Fund, dan perwakilan organisasi nirlaba GISAID.

Juru Bicara G20 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi. M.Epid menyampaikan, agenda utama pertemuan menteri kesehatan anggota G20 bertujuan untuk menggalang dukungan untuk peningkatan kapasitas sistem kesehatan regional, nasional, dan global untuk mengantisipasi pandemi.

Agenda tersebut sejalan dengan tema Presidensi G20 yakni Strengthening Global Health Architecture, with Building Global Health System Resilience and Mutual Recognition for International Mobility, and Manufacturing Hub and Research.

“Kerja sama global sangat penting untuk mengatasi pandemi saat ini dan memastikan kita siap menghadapi pandemi selanjutnya,” jelas Nadia, seperti dilansir dari SehatNegeriku, Jumat (17/7/2022).

Isu utama pertemuan pertama Menteri Kesehatan Anggota G20

Menurut Kementerian Kesehatan, tiga topik utama bakal dibahas dalam pertemuan perdana para Menteri Kesehatan anggota G20, yakni:

1. Membangun ketahanan sistem kesehatan global

Pembangunan sistem kesehatan global bakal didukung penggalangan dana dari Financial Intermediary Fund (FIF), penggalangan sumber daya, serta berbagi informasi dan data patogen yang potensial berkembang menjadi pandemi dengan konsep model GISAID+.

2. Harmonisasi mekanisme verifikasi sertifikat vaksin digital Covid-19

Isu ini sebelumnya telah dibahas di pertemuan Health Working Group (HWG) pertama. Untuk mempermudah perjalanan internasional, negara G20 sepakat membuat Federated Public Trust Directory menurut mekanisme sertifikat vaksin digital Covid-19 standar WHO.

3. Strategi pemerataan sarana dan prasarana kesehatan untuk antisipasi pandemi

Negara anggota G20 bakal merumuskan langkah-langkah untuk menjamin pemerataan, pengembangan, dan pendistribusian vaksin, obat, sampai alat kesehatan untuk menghadapi pandemi ke depan.

Selain agenda utama tersebut, para Menteri Kesehatan anggota G20 juga bakal menghadiri pertemuan bersama Menteri Keuangan anggota G20, pada Selasa (21/6/2022).

Forum ini yang turut dihadiri perwakilan WHO dan Bank Dunia ini bakal mendiskusikan pembiayaan untuk pencegahan, persiapan, dan respons memadai untuk sistem kesehatan global melalui pembentukan financial intermediary fund (FIF).

https://health.kompas.com/read/2022/06/20/080100168/3-isu-utama-pertemuan-pertama-menteri-kesehatan-anggota-g20

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke