Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Abaikan Foreplay Demi Kepuasan Seks Wanita

KOMPAS.com - Pemanasan ternyata tidak cuma penting dilakukan sebelum melakukan olahraga, tetapi juga saat bercinta. Tentu saja jenis pemanasan (foreplay) saat bercinta berbeda karena tujuannya adalah membangkitkan gairah.

Dijelaskan oleh pakar seksologi, dr.Haekal Anshari M.Biomed, tahapan seksual terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pemanasan (foreplay), senggama (intercourse), dan kontak fisik setelah berhubungan (afterplay).

Menurutnya, banyak pasangan yang tidak mengoptimalkan tahapan-tahapan tersebut, padahal sangat penting untuk mencapai kepuasan bersama.

“Umumnya laki-laki cenderung mempersingkat foreplay karena mereka mudah terangsang dan mudah mencapai orgasme daripada perempuan,” katanya.

Padahal, perempuan butuh waktu untuk bisa terangsang dengan optimal yang ditandai dengan keluarnya lubrikasi vagina, sehingga siap dilakukan penetrasi.

“Akibat mempersingkat foreplay istri belum terangsang optimal langsung penetrasi, sehingga menyebabkan nyeri akibat gesekan penis dan rongga vagina, sehingga istri sulit menikmati hubungan seks dan sulit orgasme,” paparnya.

Jika hal tersebut terjadi berulang kali dapat menurunkan minat istri untuk berhubungan seksual karena aktivitas tersebut tidak menghasilkan kenikmatan.

Sering pula terjadi suami mengira pasangannya tidak bergairah lagi setiap diajak berhubungan seks.

“Sehingga muncul kesalahpahaman antara suami istri yang beresiko mengganggu keharmonisan rumah tangga,” kata Medical Doctor klinik Quickglam ini.

Dia menambahkan, komunikasi seksual sangat penting bagi pasangan suami istri.

“Jika ada masalah seksual dapat mencari pertolongan kepada tenaga kesehatan yang kompeten di bidang seksualitas,” ujarnya.

https://health.kompas.com/read/2022/11/06/205951668/jangan-abaikan-foreplay-demi-kepuasan-seks-wanita

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke