Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyakit Apa Saja yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Kelor?

KOMPAS.com - Daun kelor ternyata tidak hanya enak untuk disantap, tetapi juga baik untuk menyembuhkan atau meringankan gejala masalah kesehatan tertentu.

Lalu, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan daun kelor?

Ternyata, daun kelor bisa meringankan atau menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti kanker, sakit perut, infeksi bakteri, dan diabetes.

Daun kelor juga bisa dikonsumsi setiap hari dengan efek samping yang ringan atau hampir tidak ada.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat daun kelor untuk kesehatan berikut ini.

Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan daun kelor?

Daun kelor ternyata bisa meringankan atau menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Disarikan dari Medical News Today dan WebMD, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan atau diringankan gejalanya dengan daun kelor.

  • Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah gangguan autoimun yang menyebabkan inflamasi pada sendi dan memengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti jantung, paru-paru, kulit, pembuluh darah, dan lainnya.

Daun kelor sudah terbukti dapat meringankan gejala rheumatoid arthritis yang dialami, seperti pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri.

  • Diabetes

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa protein di dalam daun kelor memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah.

Zat kimia yang ditemukan di dalam daun kelor dapat membantu untuk mengolah gula dengan lebih baik dan berdampak positif pada bagaimana tubuh memproduksi insulin.

Penelitian lain yang dilakukan juga menunjukkan bahwa daun kelor, tangkai, dan akarnya, memiliki kandungan anti-kanker yang mungkin bisa digunakan sebagai salah satu jenis obat.

  • Stres dan gangguan sistem saraf pusat

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan dan zat kimia lainnya yang dapat mengurangi rasa stres dan inflamasi di dalam otak.

Beberapa gangguan saraf pusat, seperti sklerosis ganda, Alzheimer, dan depresi, juga bisa dikurangi gejalanya dengan konsumsi daun ini.

  • Kanker

Daun kelor memiliki kandungan senyawa, seperti niazimicin, yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Beberapa ahli juga telah membuktikan bahwa kandungan daun, batang, dan bagian lainnya dari pohon kelor memiliki senyawa yang dapat membunuh sel kanker.

  • Gangguan pencernaan

Daun pohon kelor sudah terbukti dapat mengatasi dan meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti sembelit, tukak lambung, dan kolitis ulseratif.

Kandungan daun kelor juga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan sehingga risiko kanker usus juga akan berkurang.

  • Infeksi bakteri

Daun kelor memiliki kandungan senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri yang bisa ditularkan lewat makanan.

Beberapa jenis infeksi bakteri yang dapat dicegah dengan konsumsi daun pohon kelor, yakni Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli).

  • Gangguan kardiovaskular

Daun dari pohon kelor memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, seperti quercetin, yang dapat mendukung kesehatan kardiovaskular.

Kandungan quercetin pada daun kelor dapat mencegah terbentuknya lipid dan inflamasi, yang keduanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Diabetes

Ekstrak daun kelor dapat membantu untuk menstabilkan kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes.

Kandungan daun pohon kelor juga dapat melindungi organ-organ tubuh dari kerusakan, menurunkan risiko komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit diabetes itu sendiri.

  • Gangguan pernapasan

Daun kelor memiliki kandungan molekul yang dapat mengelola atau mencegah asma, bronkokonstriksi, dan inflamasi saluran pernapasan.

Bahkan, salah satu penelitian sudah membuktikan bahwa ekstrak daun kelor dapat membantu untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

  • Tekanan darah tinggi

Daun kelor memiliki kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan, mengonsumsi 120 gram daun kelor matang selama satu minggu sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam dua jam setelahnya.

  • Anemia dan anemia sel sabit

Daun kelor kerap digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk mengatasi dan mencegah anemia karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Penelitian laboratorium juga menunjukkan bahwa konsumsi daun kelor sebagai makanan atau obat juga dapat mengelola penyakit anemia sel sabit.

Dengan memahami penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan daun kelor, Anda bisa mulai mengonsumsinya secara rutin.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan daun kelor setiap hari, khususnya jika memiliki riwayat medis atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

https://health.kompas.com/read/2024/05/20/180000268/penyakit-apa-saja-yang-bisa-disembuhkan-dengan-daun-kelor

Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke