Tips Menata Baju Di Lemari

Kompas.com - 16/03/2009, 16:23 WIB
Editor

Kesan pertama menentukan siapa Anda. Untuk memberikan kesan yang baik pada pandangan pertama, diperlukan perpaduan antara cara berpakaian, berbicara, dan berkelakuan yang sempurna. Untuk itu, mulailah memberi kesan baik, dengan mulai menata lemari pakaian Anda!

Mulailah dengan mengelompokkan jenis busana. Busana untuk ke kantor, hang out, atau kasual, pesta, dan busana rumah. Letakkan posisi busana yang paling sering Anda kenakan di tempat yang lebih mudah dijangkau. Misalnya, jika busana kantor akan lebih sering dipakai dibanding busana pesta, maka letakkan busana kantor di posisi yang lebih mudah dijangkau.

Jenis Busana
Kemeja (katun)
Cara menyimpan: Digantung
Bahan katun dapat dengan mudah meninggalkan bekas lipatan. Sehingga, untuk menghindari bekas lipatan yang susah dilicinkan kembali, sebaiknya kemeja digantung. Susun kemeja dari warna yang gelap sampai terang. Hal ini untuk memudahkan Anda memadu padankan dengan bawahannya.

Blus dalaman (silk, crepe, dan chifon)
Cara menyimpan: Digantung
Bahan silk, crepe, dan chifon, mempunyai serat yang halus, sangat rentan terhadap gesekan dan noda. Sehingga, sebaiknya digantung dengan gantungan berlapis kain, agar tidak tersangkut kawat dan rayap yang kadang menyerang lemari.

Celana pantalon dan rok    
Cara menyimpan: Digantung
Untuk memudahkan proses padu-padan, sebaiknya celana dan rok digantung tepat di bawah kemeja. Gantunglah celana maupun rok tersebut dengan tali yang sudah dijahitkan di lingkar pinggang, agar tidak mengubah bentuk pinggul rok maupun pinggul celana tersebut.

Jaket/Blazer  
Cara menyimpan: Digantung
Gantung jaket atau blazer Anda agar tidak mudah lecek dan rusak. Pada saat digantung, kancingkan blazer tersebut atau tutup ritsleting jaket, agar posisinya tetap (tidak mengubah bentuk dan tidak gampang jatuh). Sebaiknya pakai gantungan kayu yang mempunyai “pundak” yang lebar agar bentuk pundak tidak “gepeng”.

Kaus  
Cara menyimpan: Dilipat
Bahan kaus sangat mudah melar. Jika digantung, nanti akan meninggalkan bekas gantungan. Sebaiknya dilipat saja. 

Wol  
Cara menyimpan: Dilipat
Sama seperti kaos, wol sangat gampang melar. Sebaiknya dilipat. Bahan wol juga sangat rentan terhadap kotoran dan rayap. Jadi, setelah Anda pakai, sebaiknya dicuci dahulu agar bersih sebelum disimpan. Apalagi bahan wol disimpan dalam jangka waktu lama (dipakai pada saat musim dingin saja).

Celana jins 
Cara menyimpan: Dilipat
Bahan jins yang keras, sebaiknya dilipat saja.

Dress
Cara menyimpan: Digantung
Untuk menghindari bahan lecek, dan berubah bentuk, busana pesta Anda sebaiknya digantung, pada tali di dalamnya. Jika busana pesta Anda penuh dengan payet, sebaiknya bungkus dengan plastik agar debu tidak menempel.

Pakaian dalam  
Cara menyimpan: Dilipat
Lipat dan taruh pakaian dalam di dalam laci pakaian.

Stocking/Kaus kaki 
Cara menyimpan: Digulung
Digulung dan disimpan di dalam kotak khusus stocking/kaos kaki yang biasanya mempunyai sekat-sekat agar tidak tercampur dengan yang lain.  

Tips:
1. Taruh pewangi lemari atau kamper agar udara di dalam lemari tidak lembab.
2. Jika Anda mempunyai walk-in closet, sebaiknya tidak berjendela, agar busana tidak gampang kotor.
3. Sebaiknya bilik tempat menggantung pakaian tidak terlalu rapat, agar pakaian tidak saling “tergencet”.
4. Cek lemari sebulan sekali, kalau-kalau ada rayap atau binatang kecil masuk ke dalam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.