Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaria Mengganas di Palangkaraya

Kompas.com - 06/05/2009, 14:19 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, menegaskan tiap bulan ratusan warganya  terserang penyakit menular Malaria.
     
"Setiap bulan serangan melaria di kota ini selalu melebihi seratus kasus," kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah, Dinas Kesehatan kota Palangkaraya, Tiur Simatupang di kantornya, Rabu.
      
Berdasarkan catatannya, jumlah serangan Malaria pada triwulan pertama tahun 2009 ini sudah merisaukan, pada bulan Januari tercatat 161 kasus, bulan Pebruari tercatat 128 kasus. Sedangkan pada bulan Maret, laporannya memang belum semua masuk, tetapi sudah tercatat 22 kasus.
      
Kasus serangan penyakit yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk malaria (anopheles) ini pada tahun sebelumnya 2008 rata-rata setiap bulannya di atas angka seratus kasus. Dinkes Kota Palangkraya, mengaku bingung begitu merebaknya penyakit yang bisa menimbulkan badan panas dingin ini dan bisa menyebabkan kematian ini.
      
Kasus malaria  di kota ini banyak diderita warga pinggiran, seperti di wilayah Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu yang memang berdekatan dengan kawasan semak belukar. Merebaknya kasus malaria di  kota ini pula telah menimbulkan semangat sebuah yayasan Usaha Mandiri yang tergerak ikut melakukan penanganan penyakit ini setidaknya melakukan pencegahan dengan memberantas sarang-sarang nyamuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com