Jombang Dinilai Belum Siap Laksanakan Pertanian Organik

Kompas.com - 20/07/2009, 19:19 WIB
Editor

JOMBANG, KOMPAS.com- Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama atau Lakpesdam NU Kabupaten Jombang menilai Pemerintah Kabupaten Jombang belum siap melaksanakan konsep pertanian organik.

Penilaian disampaikan Lutfi Prasetyo Aji dari Divisi Advokasi Lakpesdam NU Jombang, Senin (20/7). Menurut dia, penyebabnya adalah paradigma soal pertanian organik belum terbangun utuh, karena masih relatif lemahnya infrastruktur seperti kemampuan penyuluh pertanian dan petani ya ng masih belum memahami secara utuh konsep pertanian organik.

Akibatbya adalah munculnya ketakutan para petani yang merisaukan soal pemasaran hasil panen padi organik yang mereka tanam. Itu misalnya terjadi di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, sejak pekan pertama bulan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.