Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Anggur Putih Merusak Gigi

Kompas.com - 23/10/2009, 09:04 WIB
EditorAnna

KOMPAS.com - Tahukah Anda, terlalu sering mengonsumsi anggur putih ternyata bisa merusak gigi? Sebuah studi menyatakan bahwa sifat asam dalam anggur putih bisa membuat lapisan luar gigi Anda terkikis.

Percobaan yang dilakukan dengan merendam gigi di dalam anggur putih seharian membuktikan adanya kalsium serta fosfor yang hilang dan juga menyebabkan terkikisnya permukaan lapisan gigi sedalam 60 mikrometer.

Meskipun Anda menyikat gigi setelah 'minum - minum', efek anggur akan tetap ada karena pemaparan yang berulang. Bahkan jika Anda menyikat terlalu kuat akan menambah kerusakan gigi karena lapisan luar gigi akan makin terkikis. Ini bukan akibat usia anggur, tingkat alkohol maupun cara pembuatannya. Namun, karena pH dan lamanya gigi Anda terpapar oleh anggur.

Perlu diingat pula bahwa konsumsi anggur sambil memakan buah stroberi atau mencampur minuman Anda dengan jus buah membuat kandungan asam di dalamnya akan makin banyak dan menambah serangan asam bagi gigi Anda.

Lalu bagaimana jika Anda masih berniat ingin minum anggur putih dan mengurangi risikonya? Sebaiknya, konsumsilah keju sebagai pasangannya. Karena pada saat yang bersamaan, keju bisa mengurangi risiko ini karena kandungan kalsium gigilah yang sebenarnya diserang oleh asam dan keju membantu menggantikan kalsium yang hilang.

Atau konsumsilah si anggur putih sambil menyantap makanan dan sikatlah gigi minimal 30 menit setelah itu, karena ludah Anda (saliva) bisa mengurangi dan membatasi potensi asam serta membantu menetralkannya. Jarak sebelum Anda menyikat gigi membuat Anda memberikan waktu untuk lapisan luar gigi untuk memulihkan diri setelah diserang oleh si asam.

dr.Intan Airlina Febiliawanti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+