Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghitung Masa Pakai Susu Kental Manis

Kompas.com - 15/07/2010, 09:33 WIB

KOMPAS.com- Produk susu kental manis diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air melalui proses evaporasi (penguapan) sehingga diperoleh kepekatan tertentu. Bila dibandingkan dengan susu segar, susu kental manis lebih panjang masa pakainya.

Kendati demikian, susu kental manis cenderung lebih mudah "rusak" dibandingkan susu bubuk. "Akan tetapi, kandungan gula yang tinggi dalam susu ini bisa menjadi pengawet alami, sehingga masa pakainya lebih panjang," kata Willi Ferdiansa, Senior Brand Manager Susu Kental Manis Frisian Flag.   

Sebaiknya kaleng susu yang telah dibuka diletakkan di tempat yang kedap udara untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri. Selain itu, Sebaiknya jangan di simpan di freezer tetapi di kulkas karena bisa mengubah rasa dan aroma dari susu tersebut.

Untuk memastikan keamanan produk, sebaiknya pilih produk dengan kemasan sempurna, yakni kaleng tidak cacat, penyok, dan lain sebagainya. Bila kemasan sudah tampak menggembung, pertanda sudah tercemar mikroba. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com