Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkok karena Celana Dalam?

Kompas.com - 07/10/2010, 08:01 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Mohon maaf Prof sebelumnya kalau pertanyaan saya tidak sopan. Saya mau bertanya, apakah menggunakan celana dalam yang sempit dan sering ereksi di celana dalam sempit bisa mengakibatkan penis bengkok? Bagaimana cara memakai celana dalam yang benar menurut kesehatan?

Apakah penis diarahkan ke atas atau ke bawah? Penis saya sudah telanjur sedikit bengkok ke bawah, dan kalau di arahkan ke atas rasanya tidak nyaman dan ingin mengeluarkan cairan madzi terus. Apakah sebaiknya saat tidur itu kita memakai celana dalam atau tidak? Terima kasih banyak atas jawabannya.

Dwi Prasetyo Pribadi (18), Pasuruan, Jawa Timur

JAWAB :

Tidak pernah ada laporan bahwa penis menjadi bengkok karena terjadi ereksi di dalam celana dalam yang sempit. Karena itu, tidak ada anjuran bagaimana “meletakkan” penis pada posisi tertentu di dalam celana dalam agar tidak bengkok.

Penis yang bengkok belum tentu menunjukkan adanya gangguan. Bahkan banyak penis yang posisinya bengkok, tetapi tidak berpengaruh terhadap fungsi seksual. Jadi, kalau penis Anda bengkok ke bawah, itu pasti bukan karena sering ereksi di dalam celana dalam yang sempit. Tetapi kalau penis Anda terasa sakit ketika ereksi dalam keadaan bengkok ke bawah itu, seharusnya Anda berkonsultasi lebih jauh dan memeriksakan diri.

Menggunakan atau tidak menggunakan celana dalam ketika tidur sebenarnya tidak ada perbedaan yang bermakna, baik terhadap fungsi seksual maupun kesuburan. Alasannya, celana dalam pada umumnya tipis sehingga tidak akan meningkatkan temperatur kelamin, khususnya testis. Namun, memang benar temperatur yang tinggi di bagian testis dapat mengganggu sperma (kesuburan).    

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+