Posisi Duduk Tepat, Punggung Sehat

Kompas.com - 28/02/2011, 17:28 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Tahukah Anda dalam posisi duduk tekanan pada tulang punggung 40 persen lebih besar dibanding saat kita berdiri. Jika posisi duduk Anda tidak tepat punggung akan lebih menderita.

Tulang punggung termasuk dalam bagian tubuh yang bekerja keras setiap hari. Namun, kita sering tidak peduli. Bukti paling nyata adalah kebiasaan duduk dengan postur tubuh yang salah, cenderung membungkuk atau terlalu rileks.

Demi punggung Anda, biasakan untuk duduk dalam sudut 135 derajat. Posisi tersebut akan mengurangi tekanan pada dis di tulang punggung sehingga kemiringan bisa dicegah. Pastikan kursi Anda mendukung lengkungan yang tepat untuk punggung.

"Bagian punggung bawah harus disokong dan kepala lurus, tidak terlalu condong ke depan saat menatap layar monitor. Bangkit dan berjalanlah beberapa menit setiap jam," kata Todd Sinett, ahli chiropractic.

Peregangan ringan akan membantu menguatkan otot punggung. Ingatlah bahwa otot kita akan semakin lemah jika jarang digunakan. Lama-kelamaan tulang akan kehilangan pelumasnya dan kehilangan kelenturan. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung bisa mengalami kejang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.