Duduk Lama Juga Bikin Nyeri Punggung

Kompas.com - 26/03/2011, 07:08 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Walaupun kursi Anda mahal, nyaman dan ergonomis, namun kursi tersebut bisa berdampak buruk bagi punggung jika Anda terbiasa duduk seharian tanpa jeda.

Posisi duduk bukan cuma mengurangi sirkulasi darah ke bagian discus atau bantalan tulang belakang, tetapi duduk juga memberikan tekanan 30 persen lebih besar pada tulang belakang dibandingkan saat kita berdiri atau berjalan.

Karena itu jika pekerjaan mengharuskan Anda lebih banyak duduk, lakukan peregangan dan berjalanlah setiap satu jam.

Apa pun jenis kursi Anda, pastikan kepala Anda dalam posisi tegak, tidak menunduk ketika membaca atau mengetik. Hindari penggunaan bantal atau penyokong tulang belakang. Menurut Heidi Prather, spesialis rehabilitasi dan ahli bedah ortopedi, mengatakan penggunaan penyokong semacam itu tidak membuat perbedaan pada nyeri kecuali ditempatkan dalam posisi yang benar yaitu di bawah tulang belakang.

Terapi pijat atau penggunaan obat memang bisa mengurangi rasa nyeri tetapi jika sumber rasa nyerinya tidak diperbaiki, nyerinya akan terus datang lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.