Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Haid dan Kesuburan

Kompas.com - 31/03/2011, 10:29 WIB

TANYA: Dokter, saya sudah menikah 2 tahun. Sejak remaja menstruasi saya tidak lancar, kadang 2-4 bulan baru menstruasi. Setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan ternyata indung telur saya perkembangannya lamban dan rahim saya tipis. Yang ingin saya tanyakan, apakah ada efeknya terhadap kehamilan dan adakah makanan / obat yg bisa membantu perkembangan indung telur? terimakasih.

Citra (27), Yogyakarta

JAWAB: Umur 27 tahun adalah masa yang paling baik untuk hamil. Kalau sampai ada masalah rahim tipis dan ovarium lemah, maksud nya tidak ada folikel ( telur ) yang matang , hal ini mungkin sekali terkait dengan gangguan hormonal. Anda bisa periksa hormon dan kalau memang ada permasalahan hormonal, sebaiknya konsultasi ke  dokter kandungan yang sub spesialis endokrinologi ( hormon ). Tapi kalau tidak ada gangguan, maka bisa dimulai dengan program hamil. Efek terhadap kehamilannya ya jadi susah hamil kalau ada gangguan hormon. Untuk makanan upayakan yang sehat aja. Tidak ada makanan khusus untuk memperbaiki hormonnya. Tenang aja. Pasti ada jalannya. Amin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com