Sering Mimpi Buruk Tanda Stres

Kompas.com - 14/04/2011, 11:39 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Pikiran yang tenang bisa membuat tidur kita lebih nyenyak. Semakin lama kita mengabaikan stres, makin berkurang juga kualitas tidur kita. Selain sulit tidur, sering dikejar mimpi buruk juga merupakan akibat dari stres.

Tidur merupakan masa-masa membangun sel-sel kehidupan bagi bayi yang sedang tumbuh pesat. Pada saat tidur tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan. Bunga tidur atau mimpi biasanya semakin positif dengan makin dalamnya tidur kita. Dengan demikian ketika kita terbangun tubuh akan terasa lebih segar dan mood lebih baik dari sebelum tidur.

Akan tetapi ketika kita sedang dilanda stres berkepanjangan, tidur pun tak lagi nyenyak karena kita akan sering terbangun. "Proses tidur akan terganggu sehingga mimpi-mimpi buruk lebih sering datang," kata Rosalind Cartwright, PhD, profesor psikologi dari Rush University Medical Center.

Untuk menyelamatkan diri dari stres, lakukan rileksasi di sela kesibukan dan buatlah prioritas masalah-masalah yang perlu penyelesaikan. Membiasakan diri untuk tidur cukup setiap hari juga bisa menjauhkan kita dari kelelahan dan stres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.