Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

450.000 Siswa Putus Sekolah akibat Kurang Gizi

Kompas.com - 22/09/2011, 23:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sedikitnya 450.000 siswa dari 3,7 juta siswa yang lulus dari jenjang SMP putus sekolah karena kurang gizi. Dari jumlah itu, satu dari enam siswa mengalami kekurangan gizi akut dan satu dari tiga siswa mengalami kekurangan gizi kronis.

Kekurangan gizi akut dan kronis itulah yang menyebabkan siswa sulit berkonsentrasi dan sering sakit sehingga sering absen dari sekolah dan tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Hal itu dikemukakan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal saat penandatanganan kerja sama program Sekolah Sehat Sosro antara Kementerian Pendidikan Nasional dan PT Sinar Sosro, Kamis (22/9/2011) di Jakarta.

"Untuk menekan angka putus sekolah itu kita memberikan beasiswa bagi siswa miskin agar uang itu bisa digunakan untuk membeli makanan yang bergizi," kata Fasli.

Fasli juga mengingatkan agar masyarakat memperhatikan jajanan yang dikonsumsi siswa di sekolah karena sebagian besar jajanan yang dikonsumsi tidak memenuhi persyaratan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com