Inilah yang Bikin Anda Bau Mulut

Kompas.com - 20/01/2012, 10:39 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Halitosis atau bau mulut merupakan masalah umum yang sering dialami banyak orang, dan terkadang dianggap sebagai sesuatu yang memalukan. Selama ini kebersihan area mulut memang kurang mendapat perhatian, sehingga memicu perkembangan berbagai penyakit seperti karies, radang gusi, karang gigi sampai bau mulut.

Mau tahu hal apa saja yang bisa memicu bau mulut? Berikut ini adalah 7 (tujuh) penyebab paling umum yang membuat napas anda bau:

1. Penumpukan makanan: Menumpuknya sisa makanan dimulut merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan bau mulut. Partikel-partikel makanan yang berubah menjadi bakteri anaerob menghasilkan bau mulut seperti telur busuk.

2. Peluruhan gigi: Pembusukan gigi (karies) oleh bakteri merupakan agen utama penyebab bau mulut. Gigi yang busuk dapat mengarah ke demineralisasi yang menyebabkan halitosis (bau mulut).

3. Mulut kering (xerostomia): Air liur memiliki banyak kandungan antibakteri. Ketika ada pengurangan atau bahkan tidak ada sama sekali air liur dalam rongga mulut, hal ini dapat mengarah ke penumpukan plak yang membantu pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

4. Penyakit gusi: Penyakit gusi dan penyakit periodontal adalah agen penyebab penting dari bau mulut.

5. Merokok: Selain merusak kesehatan, kebiasaan buruk merokok juga dapat memicu bau mulut. Hal ini disebabkan karena adanya akumulasi nikotin, tar dan zat-zat berbau busuk lainnya dalam rongga mulut.

6. Diet super ketat : Terlepas dari bahaya lain yang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan, diet yang parah juga dapat menyebabkan bau mulut akibat ketoasidosis karena kelaparan berkepanjangan.

7. Sumber dari luar mulut: Selain karena adanya kerusakan pada gigi dan gusi, penyebab bau mulut juga bisa berasal dari luar, seperti infeksi saluran pernapasan, diabetes dan disfungsi ginjal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.