Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 2 Persen Perempuan yang Merawat Gigi!

Kompas.com - 09/04/2012, 23:53 WIB

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari tubuh yang tidak terlihat secara langsung, kebersihan gigi dan mulut seringkali diabaikan dari ritual kecantikan. Sebagian besar perempuan lebih sering fokus untuk memperhatikan bagian tubuh yang lebih terlihat untuk dirawat, yaitu kulit wajah, rambut, dan tubuh.

"Padahal gigi juga merupakan salah satu bagian penting yang menambah kecantikan seseorang melalui senyuman," beber Felicia Julian, Oral Care Marketing Manager PT Unilever Indonesia, di St. Regis Resort and Spa, Bali, beberapa waktu lalu.

Senyuman indah yang dipancarkan melalui gigi yang sehat dan putih terbukti mampu menyempurnakan kecantikan seseorang dengan instan. Keuntungan yang didapatkan dengan memiliki gigi yang putih antara lain membuat penampilan semakin menarik, kepercayaan diri meningkat, bahkan bisa membuat Anda mendapatkan pekerjaan idaman.

Dari survei yang dilakukan oleh Unilever ditemukan bahwa sekitar sekitar 99,7 persen orang percaya bahwa senyum indah merupakan aset yang sangat penting dalam bersosialisasi. "Pergaulan sekarang ini sudah menjadi gaya hidup dan tren tersendiri, dan dalam bergaul membutuhkan banyak senyum manis dan penampilan yang menarik," beber Felicia.

Selain itu, sekitar 77,9 persen orang yang disurvei mengaku bahwa senyuman juga bisa mempengaruhi karier seseorang. Felicia menambahkan, tak bisa dipungkiri jika sekarang ini penampilan menarik juga menjadi salah satu syarat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, terutama dalam bidang tertentu yang mengutamakan penampilan seperti model, pemain film, dan lainnya.

Sayangnya, pentingnya memiliki gigi yang sehat dan putih baru sebatas diketahui, dan namun belum banyak diupayakan. Pada kenyataannya, sampai saat ini hanya dua persen orang yang sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, serta melakukan perawatan secara rutin.

Ada banyak faktor yang membuat para perempuan mengabaikan perawatan gigi dan mulut, antara lain anggapan mengenai biaya yang cukup mahal untuk perawatan gigi, seperti pemutihan gigi, atau perawatan orthodontic (kawat gigi). Padahal, banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gigi putih dan seha.

"Yaitu dengan menggosok gigi setiap hari, dan mengurangi konsumsi berbagai makanan serta minuman yang bisa membuat gigi berubah warna, seperti kopi, teh, soda, dan lainnya," saran drg Ratu Mira Afifa, dalam acara yang sama.

Untuk Anda yang gemar mengonsumsi minuman "berwarna" tersebut, ada baiknya lebih sering menggosok gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com