Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Pentingnya Meditasi

Kompas.com - 02/07/2012, 10:46 WIB

Kompas.com - Rajin melakukan meditasi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memusatkan diri pada satu perhatian dan membuat tubuh kembali rileks. Berbagai studi secara ilmiah membuktikan meditasi tak hanya memberikan ketenangan tapi juga menyehatkan fisik.

1. Mengurangi sakit

Rasa sakit yang kita rasakan di bagian tubuh sebenarnya berasal dari pikiran. Karena itulah meditasi selama 80 menit diketahui bisa mengurangi persepsi sakit sampai setengahnya. Memusatkan pikiran saat bermeditasi diketahui akan membantu kita mengelola dampak emosional dari rasa nyeri fisik.

2. Meningkatkan kepuasan seksual

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2011 menemukan berlatih meditasi secara teratur akan meningkatkan kepuasan seksual pada wanita. Selain itu mereka yang rutin bermeditasi juga mengaku gairahnya lebih mudah dibangkitkan oleh pasangannya.

3. Menjernihkan pikiran

Tujuan utama melakukan meditasi pada dasarnya adalah melatih kesadaran. Mereka yang rutin melakukan meditasi lebih berhati-hati terhadap apa yang dilakukan atau keputusan yang akan diambil. Meditasi juga membantu kita melihat setiap persoalan dengan lebih jernih. Karenanya, orang-orang yang memiliki jabatan strategis sebagai pengambil keputusan akan mendapat banyak manfaat dengan melakukan meditasi.

4. Menguatkan mental

Meditasi bisa melindungi seseorang dari peristiwa yang menimbulkan trauma psikologis, seperti peperangan atau perceraian. Dalam penelitian di tahun 2010 terhadap tentara AS yang bersiap perang, mereka yang berlatih meditasi selama 8 minggu diketahui memiliki kesadaran lebih tinggi dan lebih tenang.

5. Meningkatan empati

Kesadaran diri, pemusatan perhatian pada hubungan yang dalam antara batin dan tubuh yang ditemukan dengan berlatih meditasi bisa menjadi modal untuk meningkatkan rasa empati kita pada sesama.

6. Meningkatkan fokus

Keseharian kita yang tak pernah lepas dari ponsel, laptop, iPad, dan gadget lainnya tanpa disadari membuat kita sulit untuk berada dalam kekinian. Latihan pernapasan yang kita lakukan serta keheningan meditasi akan mengembalikan fokus, membantu mengendalikan pikiran, serta mengembangkan pikiran yang sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com