Menyusui Sehatkan Usus Bayi

Kompas.com - 03/09/2012, 15:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Menjaga keseimbangan bakteri baik dalam pencernaan berarti menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus bayi, berikanlah ASI sejak bayi dilahirkan.

Penelitian menunjukkan, bayi yang mendapat ASI sejak lahir memiliki koloni bakteri dalam ususnya yang berarti membantu penyerapan nutrisi dan meningkatkan sistem imun. yang akan melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.

Menurut peneliti dari Duke University Medical Center, manfaat tersebut tidak bisa didapatkan dari susu formula. Mereka melakukan penelitian dengan menumbuhkan dua strain bakteri E.coli dalam contoh ASI, susu formula bayi (baik susu kedelai atau sapi), serta susu sapi.

Bakteri tersebut kemudian mulai berbiak dan berlipat ganda, tetapi ada perbedaan pada cara mereka bertumbuh. Pada contoh ASI, bakteri itu saling menempel dalam bentuk lapisan biofilm, yakni menjadi lapisan tipis yang berfungsi sebagai pelindung dari mikroorganisme berbahaya dan infeksi.

Bakteri dalam susu formula dan susu sapi tumbuh sebagai organisme individual yang tidak membentuk lapisan biofilm.

"Ini adalah riset pertama yang meneliti efek pemberian ASI pada cara tumbuhnya bakteri sehingga memberikan gambaran jelas bagaimana keunggulan ASI pada bayi baru lahir dibandingkan susu formula," kata peneliti senior William Parker, dalam siaran pers.

Ia menambahkan, hanya ASI yang mampu menyebabkan timbulnya koloni bakteri. Para produsen susu formula mungkin bisa membuat produk yang semirip mungkin dengan mekanisme tersebut.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pemberian ASI akan mengurangi risiko bayi terkena diare, influenza, infeksi pernapasan, mencegah alergi, diabetes tipe 1, dan penyakit lainnya.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X