Kompas.com - 05/11/2012, 09:30 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya sudah 3 tahun lebih memakai kawat gigi. Namun sempat saya lepas karena bagi saya dan dokter yang menangani, gigi sudah rapi. Tetapi setelah melepas kawat gigi, dokter saya tidak memberikan perawatan agar gigi tidak goyah lagi. Yang membuat saya kecewa, gigi bagian bawah kembali seperti mulanya sebelum saya memakai kawat. Menurut dokter Citra, haruskah mencabut saya gigi lagi? Dan apakah ada batasan yang baik jika memakai kawat gigi maksimal berapa tahun? Terima Kasih.

(Viska, 20, Ngawi)


JAWAB :

Hai Viska,

Meskipun telah dilakukan perawatan kawat gigi untuk merapihkan gigi oleh Dokter Gigi terbaik sekalipun, gigi-gigi yang telah dirawat tersebut akan bergerak dan kembali ke posisi awal mereka (relapse). Hal ini bukan karena gagalnya perawatan kawat gigi tersebut, namun merupakan hal yang alami dari proses biologis tulang, gigi, dan gusi.

Oleh karena itu, memang sebaiknya setelah selesai dilakukan perawatan dengan kawat gigi, harus dilakukan pemasangan retainer (alat untuk mempertahankan posisi gigi-gigi yang sudah selesai dilakukan perawatan kawat gigi). Lama pemakaian-nya tergantung kasus, biasanya diperlukan 9-12 bulan atau lebih. Hal ini berfungsi untuk menahan gigi yang telah rapih agar tidak kembali berantakan.

Pada dasarnya, ada 2 macam orthodontic retainer, yaitu cekat dan lepasan. Retainer cekat secara permanen dipasangkan pada gigi anda, namun fungsinya berbeda dengan kawat gigi anda sebelumnya. Sedangkan retainer lepasan terdapat 2 jenis bahan, yaitu yang terbuat dari akrilik-kawat, dan clear retainer.

Mungkin saat ini, sebaiknya anda konsultasi kembali ke Dokter Gigi yang dulu memasangkan kawat gigi kepada anda, atau anda juga boleh mencari Dokter Gigi Spesialis Kawat Gigi (Drg.,Sp.Ort) yang lainnya.

Menurut saya, jika bagian bawah gigi anda relapse-nya ringan mungkin saja tidak perlu pencabutan gigi lagi. Namun, sebelum memutuskan itu semua, anda tetap harus datang langsung ke Dokter Gigi untuk dilakukan pemeriksaan.

Sedangkan rentang waktu pemakaian kawat gigi tergantung pada kasus dan respon jaringan di dalam mulut anda. Tidak ada patokan khusus harus sekian tahun.

Demikian Viska, semoga membantu.

Salam gigi sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.