Kompas.com - 20/11/2012, 08:30 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, saya baru saja dicabut gigi geraham belakang dua-duanya (kiri dan kanan), tetapi berselang tiga hari karena yang satu masih sakit. Pada pencabutan pertama, efek bius yang saya rasakan mulut pahit selama 2 hari. Sedangkan pada pencabutan yang kedua, efek mulut mati rasa belum hilang, dan rasa asam dari lambung seperti naik ke mulut. Apakah ini memang efek obat bius tersebut atau bukan?Kalau memang ini efek obat bius, sampai berapa lama bisa terjadi? Mohon penjelasan.

(Sri Rahayu, 45 th, Yogyakarta)

JAWAB :

Ibu Sri yang baik,

Penggunaan bius lokal untuk mengontrol rasa sakit selama operasi dalam rongga mulut adalah prosedur yang cukup aman dan dapat dipercaya. Meskipun demikian, tetap ada kejadian tidak biasa yang dapat dihadapi selama atau setelah tindakan tersebut. Sebagai pasien, Anda juga perlu mengetahuinya.

Beberapa kejadian tidak biasa yang mungkin dihadapi dalam prosedur bius lokal, antara lain:

1.    Rasa sakit (di pinggang).
Rasa sakitnya seperti tertusuk, kadang-kadang timbul rasa sakit yang mendadak dan sangat hebat selama atau segera setelah dilakukan pembiusan lokal. Sakit biasanya sangat hebat pada mulanya dan secara bertahap berkurang sampai akhirnya hilang dalam waktu 5-15 menit. Sakit tidak timbul lagi pada waktu dilakukan pembiusan ulang pada saat itu atau pada kunjungan berikutnya.

2.    Konvulsi (kejang).
Konvulsi umumnya jarang terjadi. Gangguan ini timbul selama pembiusan atau segera setelahnya, ditandai dengan gejala mengejangnya tubuh dan tangan, bola mata berputar ke atas dan kemudian hilangnya kesadaran yang berlangsung dalam waktu singkat.

3.    Vesikel (lepuhan kecil) pada bibir bawah.
Lesi ini sering ditemukan pada bibir bawah, yang berkembang sehari setelah pembiusan lokal di rahang bawah. Hal ini disebabkan karena gigitan atau trauma pada bibir yang masih terasa rasa baalnya.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.