Kompas.com - 08/01/2013, 09:43 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Hidangan laut bukan hanya lezat tetapi secara umum juga digolongkan sebagai makanan sehat, misalnya saja ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau sardin yang kaya akan omega-3.

Meski demikian para pecinta seafood harus mewaspadai jenis kerang-kerangan seperti udang, cumi, atau kepiting. Makanan laut ini bukan cuma tinggi kolesterol tetapi juga meningkatkan risiko salah satu penyakit artritis, asam urat.

Asam urat atau gout adalah jenis artritis yang paling sering diderita kaum pria. Serangannya bisa datang secara tiba-tiba dan berakibat buruk pada persendian.

Gout terjadi ketika bahan kimia yang disebut asam urat diproduksi tubuh secara berlebihan dan menyebabkan inflamasi di persendian. Salah satu penyebab meroketnya asam urat adalah pola makan. Makanan tertentu, khususnya yang berlemak, banyak sekali mengandung purin, bahan kimia yang dalam darah berubah menjadi asam urat.

Beberapa jenis makanan yang berkadar purin tinggi antara lain daging, protein hewani, seafood, serta sayur-sayuran seperti bayam, lentil, jamur, dan kol, dan sebagainya.

Dalam studi yang dilakukan tahun 2004, tim peneliti berusaha mencari tahu kaitan antara seafood, daging, dan produk susu, dengan risiko gout. Selama 12 tahun tim peneliti mengikuti riwayat kesehatan 47.150 pria yang tak memiliki riwayat gout sebelumnya dan mencatat setiap kasus baru.

Para peneliti menggunakan data kuesioner American College of Rheumatology untuk mencari kriteria gout. Pola makan ditelaah setiap empat tahun sekali melalui kuesinoer.

Selama kurun waktu penelitian, ditemukan 730 kasus gout baru. Pola makan yang tinggi daging dan seafood diketahui meningkatkan risiko penyakit tersebut, sementara diet tinggi produk susu justru menurunkan risiko.

Karena itu perhatikan pola makan Anda. Konsumsi makanan, termasuk seafood dan sayuran dalam porsi sedang. Usahakan perbanyak minum air putih sebanyak mungkin setiap hari untuk membantu membilas kelebihan asam urat dalam urin Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.