Kompas.com - 20/01/2013, 07:53 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, saya seorang perempuan yang sering sekali buang air kecil, bahkan dalam 6 bulan ini makin menjadi-jadi, padahal saya jarang sekali minum. Per hari saya hanya minum 1 gelas atau kurang dan di hari-hari libur bisa sampai 2-3 gelas. Masalahnya, di hari-hari kerja saya bisa 20 kali bolak-balik ke toilet terhitung dari bangun hingga mau tidur. Beda jika di hari libur saya hanya buang air kecil 5-10 kali.

Dulu saya tidak begini, walaupun minum ‘banyak’ (banyak menurut saya sehari 2-3 gelas) dan sering buang air kecil, tapi menurut saya jadwalnya masih teratur dan volumenya normal. Tapi kali ini saya merasa anyang-anyangan, gelisah, dan pusing. Ini yang membuat saya tertekan.

Sejak mendapat kerja baru saya jadi sulit tidur, begitu pun di hari libur. Saya merasa sangat capek, padahal saya banyak menghabiskan waktu di komputer. Saya merasa gampang stres di tempat kerja, mood saya cepat berubah dan sering pusing. Pusing inilah yang membuat saya selalu ingin buang air kecil, gerakan kecil saja bisa membuat saya pusing, misal posisi duduk di bis yang berubah-ubah, menatap komputer terlalu lama, atau suara-suara bising mesin (saya bekerja di perusahaan engineering dan manufacturing sebagai administrator).

Karena pusing juga saya menjadi cepat lapar sehingga 3 jam sekali saya ‘ngemil’ buah-buahan lebih dari 2 buah atau kurma kurang lebih 15 buah. Kenapa ya saya sering pusing dan buang air kecil? Apakah ini akibat stres? Padahal kerja saya lumayan santai, tapi saya merasa lingkungan tempat kerja saya kurang nyaman, bukan hanya tempatnya yang kurang higenis, saya juga kurang bisa beradaptasi dengan orang-orangnya, serta ritme kerjanya yang banyak tekanan akan target mungkin itu yang mempengaruhi kondisi psikis saya menjadi tertekan.

Tapi saya berusaha untuk enjoy. Tetapi, berpikir positif itu yang masih jadi pertanyaan, maksudnya saya selalu menyalurkan apa yang saya kerjakan ke hal-hal positif seperti bersepeda, memelihara binatang, membaca buku dll, tapi untuk mental atau cara pikir belum sepenuhnya, karena saya merasa sering tertekan di tempat kerja, di rumah, maupun karena diri saya sendiri. Banyak yang saya pikirkan dan pertanyakan, tapi sedikit sekali jawabannya.

Saya ingin fokus dan enjoy pada apa yang saya kerjakan, tapi ini semua telah mengurung diri saya sehingga saya tidak dapat leluasa beraktivitas tanpa menghiraukan ingin buang air kecil, pusing, kenapa begini dan kenapa begitu, dll. Apa yang sebenarnya terjadi pada diri saya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

(Alyssa Augustine, 22, Jakarta)


JAWAB :

Alyssa yang baik,

Pertama saya ingin mengingatkan bahwa pola minum yang anda lakukan itu kurang baik bagi kesehatan. Kebanyakan dari kita harus minum sekitar 8 gelas air per hari (yang artinya sekitar 2 liter). Memang jika berada di daerah dingin atau ber-AC maka keinginan minum kita menjadi berkurang, tetapi ada baiknya tetap mengikuti pola minum yang baik untuk kesehatan agar mencegah masalah kesehatan di kemudian hari. Air memang tidak selalu didapatkan dari minuman, buah dan sayur juga mengandung air, tapi kadarnya sedikit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.