Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2013, 12:30 WIB

Kompas.com - Menjadi vegetarian dipilih oleh mereka yang ingin menerapkan gaya hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Salah satu penyakit yang bisa dihindari adalah penyakit jantung.

Menurut penelitian, risiko penganut vegetarian untuk mendapat perawatan atau meninggal akibat penyakit jantung lebih rendah 32 persen.

Manfaat nyata dari pola makan vegetarian itu antara lain kadar kolesterol yang rendah, tekanan darah, dan berat badan terjaga.

Penelitian mengenai kaitan antara penyakit jantung dengan gaya hidup vegetarian ini dilakukan dengan melibatkan 44.500 orang di Inggris dan Skotlandia. para peneliti dari Universitas Oxford menganalisa data dari 15.100 vegetarian dan 29.400 orang yang tetap mengonsumsi daging serta ikan.

"Pesan pentingnya adalah pola makan sangat berpengaruh pada terjadinya penyakit jantung," kata Dr.Francesca Crowe.

Meski begitu ia tidak menyarankan setiap orang untuk menjadi vegetarian. "Pola makan rendah lemak jenuh seperti yang dianut vegetarian membuat mereka memiliki level kolesterol rendah dan tidak kegemukan," katanya.

Menurut Tracy Parker dari Yayasan Jantung Inggris, hasil penelitian ini bisa mengingatkan kita akan pentingnya pola makan yang seimbang dan bervariasi, meski kita mengasup daging.

"Memilih menjadi vegetarian bukanlah jalan pintas untuk terhindar dari penyakit jantung. Apalagi masih ada beberapa pilihan makanan vegetarian yang tetap tinggi lemak jenuh dan garam," kata Parker.

Ia mengingatkan, jika Anda berniat untuk menjadi vegetarian, rencanakan dengan cermat pola makan sehingga kita tidak akan kekurangan nutrisi yang penting, seperti zat besi yang banyak terdapat dalam daging.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com