Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2013, 11:46 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com- Seluruh puskesmas di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang jumlahnya lima, bisa melayani pemeriksaan HIV/AIDS. Ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus tersebut.

Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS Kota Pontianak Mardiana Maya Satrini, Jumat (8/2/2013), menjelaskan, kampanye penanggulangan AIDS juga terus digalakkan. "Ada tren penularan HIV/AIDS dari jarum suntik karena ketidaktahuan pengguna. Ini menjadi perhatian supaya pada 2015 kami bisa mencapai target tidak ada pasien baru," ujar Maya.

Singkawang adalah salah satu dari tujuh daerah yang ditetapkan dalam Asian Summit untuk memenuhi target tanpa pasien baru pada 2015. Selain itu, ketujuh daerah itu juga harus memerangi diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

Saat ini, tercatat ada 1.092 penderita HIV/AIDS di Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas. Para penderita berobat di Kota Singkawang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com