Kompas.com - 08/02/2013, 11:46 WIB
EditorMarcus Suprihadi

PONTIANAK, KOMPAS.com- Seluruh puskesmas di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang jumlahnya lima, bisa melayani pemeriksaan HIV/AIDS. Ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus tersebut.

Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS Kota Pontianak Mardiana Maya Satrini, Jumat (8/2/2013), menjelaskan, kampanye penanggulangan AIDS juga terus digalakkan. "Ada tren penularan HIV/AIDS dari jarum suntik karena ketidaktahuan pengguna. Ini menjadi perhatian supaya pada 2015 kami bisa mencapai target tidak ada pasien baru," ujar Maya.

Singkawang adalah salah satu dari tujuh daerah yang ditetapkan dalam Asian Summit untuk memenuhi target tanpa pasien baru pada 2015. Selain itu, ketujuh daerah itu juga harus memerangi diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

Saat ini, tercatat ada 1.092 penderita HIV/AIDS di Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas. Para penderita berobat di Kota Singkawang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.