Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2013, 10:28 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Banyak orang merasa tak bisa tidur nyenyak dengan perut kosong sehingga mereka kerap ngemil di malam hari meski sebenarnya sudah makan malam. Kebiasaan itu sebaiknya dihindari karena membuat tubuh menumpuk lemak lebih cepat.

Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Current Biology, para peneliti menemukan kemampuan tubuh tikus untuk meregulasi gula darah bervariasi sepanjang hari. Bukan cuma itu, terganggunya irama sirkadian tubuh juga akan membuat tubuh lebih banyak menyimpan lemak.

Itu sebabnya mengapa jika kita makan terlalu malam tubuh akan lebih cepat mengubahnya menjadi lemak. Hasil penelitian tersebut dianggap bisa menjelaskan mengapa para pekerja shift malam lebih beresiko kegemukan dan diabetes.

"Terganggunya jam biologis akan memicu gangguan metabolisme sehingga ada kecenderungan untuk menyimpan lemak," kata ketua peneliti Carl Johnson, ahli kronobiologi dari Vanerbilt University.

Ia mengungkapkan, yang harus diperhatikan bukan cuma jenis makanannya tapi juga waktu makannya. "Meski jumlah kalorinya sama tapi jika dimakan malam hari bisa menyebabkan timbunan lemak lebih banyak," katanya.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang sering lembur atau pekerja giliran malam cenderung lebih gampang gemuk dan menderita diabetes.

Hasil penelitian juga menyebutkan tikus, yang merupakan hewan nokturnal, menyimpan lemak lebih banyak meski mereka cuma makan di siang hari dengan jumlah kalori yang sama. Para ilmuwan percaya hal itu terkait erat dengan peran irama sirkadian.

Penelitian pada mencit juga menunjukkan gangguan irama sirkadian pada tikus menyebabkan munculnya tanda-tanda resistensi insulin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+