Kompas.com - 26/02/2013, 10:40 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok saya sering merasakan depresi,emosi tanpa sebab dan mendengar bisikan untuk melukai diri sendiri bahkan sampai ada bisikan untuk bunuh diri.  Apakah hak tersebut dapat dikategorikan sebagai skizofrenia? Sudah hampir 5 tahun ini saya selalu merasakan hal seperti itu. Bahkan sempat beberapa tahun yang lalu saya sering melukai diri sendiri dengan menyayat tangan dengan silet. Hal ini terjadi dimana saja saya berada dan kapan saja, juga dalam kondisi apapun mau sedang ada orang atau sendiri. Mohon penjelasannya. 

(Rizky, 22 Tasikmalaya)


JAWAB :

Rizky yang baik,

Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang ditandai dengan adanya penilaian realita yang terganggu. Pasien skizofrenia biasanya mengalami kekacauan dalam proses pikir, perasaan dan perilakunya. Walaupun sering tidak muncul secara berbarengan, namun sering kali kekacauan itu menjadi pertanda adanya gangguan dalam penilaian realita. Pasien skizofrenia biasanya mengalami keyakinan yang salah akan sesuatu hal namun dipertahankan walaupun sudah diberikan bukti-bukti.

Hal ini dalam ilmu kedokteran jiwa disebut waham atau delusi. Gejala khas lainnya adalah halusinasi yaitu gangguan persepsi sehingga pasien merasa mendengar adanya bisikan, rabaan atau penglihatan yang salah (hanya dirinya sendiri yang mendengar/meraba/melihat itu). Halusinasi dengar seperti ada bisikan, orang ngobrol atau menyuruh pasien adalah yang paling sering dialami. Namun demikian untuk kasus Rizky sepertinya ada gejala-gejala depresi yang juga ada gejala-gejala mirip skizofrenia seperti halusinasi (gejala psikotik).

Gejala-gejala waham dan halusinasi memang bisa juga terjadi pada pasien depresi dan gangguan bipolar. Untuk itu, ada baiknya Rizky segera mencari pertolongan ke psikiater agar mendapatkan terapi yang baik.

 

Salam Sehat Jiwa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.