Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2013, 08:09 WIB

TANYA :

Dok saya ingin bertanya; kira-kira 6 tahun belakangan ini, saya jarang bisa ejakulasi. Apabila tegang, tiba-tiba rasa sensitifnya hilang, walaupun masih tegang.  Bahkan, sampai satu malam pun juga tidak bisa ejakulasi sehingga pasangan saya merasa capek dan bosan. Saya juga sering tidak tertarik untuk berhubungan seksual, walaupun sudah tiga bulan. Saya ingin tahu, apa sebabnya saya menjadi begini? Bagaimana cara untuk mengobatinya? Terima kasih banyak atas perhatiannya.

(Anton Sidik, 31, Sydney)

JAWAB :

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, saya ingin memastikan bahwa ejakulasi yang Anda maksud adalah keluarnya sperma, bukan kenikmatannya (orgasme).

Jadi Anda tidak mengalami keluarnya sperma, tetapi apakah Anda juga tidak merasakan orgasme? Ada orang yang tidak mengalami ejakulasi tetapi merasakan orgasme. Sebaliknya, ada orang yang mengalami ejakulasi tetapi tidak merasakan orgasme.

Kalau Anda tidak mengalami ejakulasi ketika melakukan hubungan seksual, apakahi dengan cara lain Anda dapat mengalami ejakulasi misalnya dengan cara masturbasi? Kalau dengan melakukan hubungan seksual Anda tidak dapat mengalami ejakulasi tetapi dengan cara lain dapat mengalami ejakulasi, maka penyebabnya kemungkinan besar karena ada hambatan psikis ketika melakukan hubungan seksual.

Tetapi kalau dengan cara apapun Anda tidak dapat mengalami ejakulasi, namun tetap dapat merasakan orgasme, maka harus diketahui apa penyebab dasarnya. Anda juga merasakan hilangnya gairah seksual sehingga jarang melakukan hubungan seksual, ini masalah lain lagi.

Penyababnya bervarasi, yaitu berkurangnya hormon testosteron, gangguan kesehatan, hambatan psikis dengan pasangan, dan pengalaman seksual tidak menyenangkan. Kalau penyebab diatasi, maka gairah seksual kembali ke kondisi semula.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com