Kompas.com - 17/03/2013, 20:07 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Apa yang biasa Anda gunakan untuk meningkatkan konsentrasi? Umumnya orang mengonsumsi kopi, suplemen herbal seperti ginkgo biloba, meditasi, atau tidur untuk membantu mereka meningkatkan konsentrasi. Namun kini ada cara baru yang cukup unik dan relatif mudah. Kunyahlah permen karet!

Studi para ahli dari University of Cardiff menunjukkan, mengunyah permen karet dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki konsentrasi, terutama saat sedang mengerjakan tugas yang bersifat konstan dan dalam waktu lama.

"Penelitian sebelumnya sudah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet memberikan keuntungan dalam kognitif seseorang. Dalam studi ini, kami memfokuskan pada tugas pendengaran yang melibatkan memori jangka pendek," ujar Kate Morgan, penulis studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology ini.

Para peneliti membagi 38 orang peserta ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diperbolehkan untuk mengunyah permen karet dan kelompok lainnya tidak. Selama setengah jam, dibacakan dengan keras angka 1 sampai 9. Para peserta diminta mencatat apabila ada kombinasi angka tertentu, seperti 5-8-1.

Para peserta yang tidak mengunyah permen karet memulai tes lebih baik daripada mereka yang tidak. Menariknya, para peneliti menemukan bahwa selanjutnya, peserta yang mengunyah permen karet lah yang mengakhiri tes dengan jawaban yang lebih akurat, serta respon yang lebih cepat.

"Menariknya, peserta yang tidak mengunyah permen karet meskipun lebih baik di awal tes, tetapi di akhir tes justru dikalahkan oleh peserta yang mengunyah permen karet," ujar Morgan dalam rilis berita.

"Hal ini menunjukkan bahwa permen karet dapat membantu untuk fokus pada tugas yang berlangsung dalam waktu yang lama," simpulnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.