Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2013, 08:33 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin menanyakan masalah ereksi pada alat kelamin. Penis saya jika mengalami ereksi terasa ada patahan. Hal ini mungkin karena saya mengubah posisi penis ketika ereksi. Sedari usia kanak-kanak, posisi ereksi penis saya ke bawah namun di usia SMA saya suka menekuknya ke arah atas. Dari kebiasaan tersebut, terasa seperti ada patahan di bagian pangkal penis saya.  Saya agak sedikit takut dengan kondisi ini Prof, mohon penjelasan.  Apakah kekhawatiran saya ini wajar? Apa yang terjadi dengan alat kelamin saya?

(Andhika, 23, Jakarta)


JAWAB :

Sulit saya memastikan apa yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan. Tetapi intinya begini. Penis pada umumnya tidak lurus benar ke depan. Biasanya ada kemiringan, mungkin ke samping atau ke arah lainnya.

Yang pasti dalam keadaan ereksi tidak terasa sakit dan kemiringannya tidak mengganggu fungsi ketika melakukan hubungan seksual. Dalam keadaan tertentu yang berifat patologis, misalnya karena infeksi, terjadi kemiringan penis yang berlebihan  dan terasa sakit ketika ereksi.

Saya sarankan Anda memeriksakan diri untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com