Kompas.com - 01/06/2013, 10:58 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Buah dan sayuran seharusnya menjadi bagian dari pola makan sehari-hari mengingat kandungan gizinya sangat dibutuhkan tubuh. Namun untuk memetik manfaat dari buah dan sayuran, kita juga perlu memperhatikan kebersihannya melalui cara pencucian yang tepat.

Buah dan sayur mungkin mengandung kotoran, mikroorganisme berbahaya bahkan zat pengawet dan pestisida. Maka penting halnya untuk  membersihkannya sebelum dikonsumsi.

Cara umum untuk membersihkan buah dan sayur adalah dengan mencucinya dengan air yang mengalir, ditambahkan sabun jika perlu. Selain itu untuk mengolah sayur dan buah, kita juga perlu memperhatikan kebersihan peralatan makan bahkan tangan kita.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bentuk dari masing-masing buah dan sayur tidaklah sama. Lantaran bentuknya yang tidak sama itulah, maka kita membutuhkan cara membersihkan yang khusus agar mendapatkan buah dan sayur yang bersih optimal.

Berikut ini adalah panduan mencuci beberapa jenis buah dan sayur:

- Berry dan anggur
Cuci dengan air sejuk dan mengalir. Jangan rendam buah-buah jenis ini karena akan membuatnya rusak. Hilangkan buah yang terlihat busuk untuk menghindari tersebarnya mikroorganisme.

- Sayuran berdaun hijau
Hilangkan daun yang terlihat rusak, kemudian rendamlah daun selama satu dua menit. Jika ingin menghilangkan bakteri, tambahkan sedikit cuka ke dalam rendaman dan kemudian cuci.

- Apel dan buah sejenisnya
Cuci dan usap ke seluruh permukaannya untuk menghilangkan lapisan lilinya.

- Melon dan semangka
Cuci dan sikat lembut permukaannya sebelum memotong dan memakannya.

- Tanaman herbal
Cuci dan rendam dalam air dingin, kemudian keringkan.

- Jamur
Cuci dengan air dan gunakan sikat untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

- Buah yang bertekstur lembut
Cuci dengan lembut dengan air yang mengalir dan keringkan.

- Sayuran umbi-umbian
Keruk bagian luarnya, kemudian cuci dengan air mengalir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.