Kompas.com - 06/06/2013, 14:23 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Seseorang yang berusaha menurunkan berat badan kerap menganggap diet sebagai proses yang menyengsarakan dan membosankan.

Padahal anggapan semacam ini tidak sepenuhnya benar. Keberhasilan menurunkan berat badan adalah tentang bagaimana Anda me-manage sikap mental Anda.

Selama Anda menjadikan setiap proses tersebut sebagai kebiasaan yang menyenangkan, maka keberhasilan mendapatkan berat badan ideal sudah ada di depan mata.

Bahkan, jika Anda memiliki hobi yang berhubungan dengan aktivitas fisik, maka hobi tersebut bisa Anda maksimalkan sebagai fun factor dalam mencapai berat badan ideal.

Berikut ini hobi atau aktivitas menyenangkan yang bisa Anda maksimalkan untuk mencapai berat badan ideal.

1. Jalan-jalan di sekitar blok

Saat Anda tidak berencana melakukan aktivitas yang jauh dari rumah, maka jalan-jalan atau jogging di sekitar komplek perumahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain membakar kalori lebih banyak, jalan-jalan di sekitar rumah juga bisa meningkatkan hubungan sosial Anda dengan tetangga sekitar.

2. Bersepeda

Akhir-akhir ini, minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda terus meningkat. Munculnya berbagai komunitas bersepeda adalah salah satu buktinya. Anda bisa bergabung dalam komunitas tersebut dan mengikuti setiap aktivitas yang diagendakan oleh komunitas tersebut.

Jika bergabung dengan komunitas bersepeda tidak membuat Anda tertarik, bersepeda sendiri juga bisa menjadi pilihan yang sehat. Selain meningkatkan pembakaran kalori, olahraga bersepeda erat hubungannya dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta penurunan risiko penyakit jantung koroner.

3. Parkour & Freerun

Tidak hanya komunitas bersepeda, komunitas parkour dan freerun kini juga mulai mewabah. Pada prinsipnya parkour & freerun memiliki basic yang sama, yakni berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efektif dengan gerakan-gerakan akrobatik.

Latihan ini membutuhkan penguasaan teknik dan latihan yang cukup agar terhindar dari cedera. Meski tergolong ekstrem, latihan ini patut dicoba untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kordinasi dan fleksibilitas tubuh.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.