Infeksi Bisa Ganggu Suasana Hati

Kompas.com - 14/06/2013, 08:18 WIB
EditorAsep Candra


KOMPAS.com - Penelitian di Denmark yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Psychiatry, 12 Juni 2013, menunjukkan, infeksi dan gangguan otoimun meningkatkan risiko gangguan suasana hati, misalnya depresi dan gangguan bipolar.

Dalam penelitian yang melibatkan 3 juta orang didapatkan, 62 persen pasien yang dirawat inap akibat penyakit infeksi mengalami gangguan suasana hati dibandingkan pasien yang tidak dirawat inap.

Adapun pasien yang dirawat inap akibat gangguan otoimun, 45 persen mengalami gangguan suasana hati. Otoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh terganggu sehingga menyerang sel atau jaringan tubuh sendiri. Semakin sering dirawat inap, risiko gangguan suasana hati makin tinggi.

Temuan itu, menurut para peneliti, menguatkan hipotesis bahwa peradangan bisa memengaruhi otak sehingga mengganggu suasana hati. Namun, menurut Ian Gotlib, Guru Besar Psikologi Universitas Stanford, Inggris, yang tidak diterlibat dalam penelitian, kepada Livescience, Rabu (12/6), hasil penelitian itu masih berupa asosiasi.

Belum bisa dibuktikan bahwa infeksi atau gangguan otoimun menyebabkan gangguan suasana hati. Ada kemungkinan berhubungan dengan faktor lain seperti stres atau pengalaman saat dirawat inap. (Livescience/ATK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.