Kompas.com - 15/07/2013, 14:54 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Minum Susu Tak Merusak Gigi


Kompas.com -
Untuk memiliki gigi yang sehat ternyata tak harus memusuhi makanan manis atau pun susu. Bahkan, minum susu adalah cara terbaik untuk melindungi gigi dari kerusakan.

Ketika dibandingkan antara minum air putih, susu, dan jus apel, sebelum dan setelah makan, para peneliti menemukan bahwa minum susu adalah pilihan terbaik dalam hal kesehatan gigi.

Susu sapi ternyata lebih baik dalam mencegah pertumbuhan bakteri pemakan gula menghasilkan asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Hal tersebut dibuktikan dalam studi berskala kecil di Chicago. Para peneliti meminta 20 orang relawan masing-masing makan semangkuk sereal mengandung gula sebelum minum segelas kecil susu, air, atau jus apel. Kemudian para peneliti mengukur kadar asam dalam gigi mereka.

Kadar asam paling tinggi yang dihasilkan oleh bakteri pemakan gula merupakan indikator dari kerusakan akar gigi secara bertahap. Ternyata, susu merupakan minuman yang paling bisa mencegah terbentuknya asam di gigi.

"Konsumsi produk susu yang dikombinasikan dengan makanan ringan mengandung gula di akhir waktu makan mungkin bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah gigi berlubang," kata peneliti.

Setelah mengonsumsi sereal, kadar asam dalam mulut para partisipan meningkat. Tetapi dengan cepat diturunkan oleh efek perlindungan dari susu. Para peneliti juga mengukur efek dari air dan jus apel setelah konsumsi sereal. Ternyata susu adalah yang terbaik, sementara jus apel paling buruk.

Selain menurunkan kadar asam dalam mulut, susu juga membantu menguatkan gigi yang semakin lemah karena asam. Sementara itu jus apel dan jus buah lain justru mempercepat kerusakan gigi.

Oleh karena itu para ahli menyarankan agar orangtua membatasi konsumsi jus buah atau sereal manis pada anak-anak mereka.

Kadar asam dalam mulut biasanya turun diantara waktu makan. Namun jika kita sering ngemil, kadar asam akan terus meningkat sehingga risiko gigi berlubang terus meningkat.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan, risiko kerusakan gigi paling besar ditemukan pada anak-anak yang sering mengonsumsi minuman bersoda, jus buah, tetapi jarang minum susu. Tetapi jus buah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah yang mendapat tambahan gula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.