Kompas.com - 24/07/2013, 16:28 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Bila menurunkan berat badan itu gampang, tentu tak akan ada orang yang kegemukan. Faktanya, kentang goreng lebih lezat dibandingkan salad, dan ayam terasa lebih lezat jika digoreng.

Di lain pihak, tubuh yang sehat dengan berat badan ideal terasa lebih nyaman dibandingkan kegemukan. Untuk mencapai itu semua, sebenarnya mudah jika kebiasaan hidup sehat sudah menjadi gaya hidup.

Untuk mengetahui apa saja yang sebenarnya membuat jarum timbangan lebih gampang bergerak ke kanan, simak uraian berikut.

1. Kurang Persiapan
Bukan cuma liburan yang harus dipersiapkan, pola makan juga harus memiliki perencanaan. Menurut Molly Kimbal, ahli gizi dari New Orleans, persiapan berarti tahu kapan kita lapar ada alternatif sehat mengatasinya.

Kulkas yang penuh dengan protein sehat, karbohidrat kompleks, buah, dan lemak sehat mengindikasikan kita selalu siap dengan santapan sehat. Demikian juga saat ke restoran, semestinya kita sudah tahu apa saja yang sudah kita makan sehingga asupan kalori tak berlebihan.

2. Kurang minum air
Minum air yang cukup akan meningkatkan kesehatan secara umum, mulai dari kulit, tulang, persendian, sampai fungsi otak dan memori.

"Banyak orang salah mengartikan rasa lemas sebagai indikasi lapar sehingga selalu memilih makan untuk meningkatkan energi," ujarnya.

Cukup air akan mencegah tubuh mengirimkan sinyal yang salah. Penelitian juga membuktikan, pelaku diet yang minum air sebelum makan mengalami penurunan badan badan yang lebih banyak.

3. Kurang protein
Terlalu banyak kalori dari karbohidrat akan menyulitkan penurunan berat badan. Oleh sebab itu, Kimball menyarankan untuk mengkonsumsi protein di tiap waktu makan.

Tubuh menggunakan energi dua kali lebih banyak saat mengolah protein sehingga jumlah kalori yang terbakar juga lebih besar. Hal ini juga berlaku pada protein hewani atau nabati, baik itu ayam tanpa kulit, keju, kacang-kacangan, dan telur.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.