Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Imunisasi Mengapa Masih Tertular Campak?

Kompas.com - 03/08/2013, 09:15 WIB


TANYA:

Dok, saya memiliki anak perempuan usia 3,5 tahun. Imunisasinya sudah lengkap semua, tapi 2 minggu lalu ia terkena campak. Badannya panas tinggi berhari-hari sampai 40 derajat. Mengapa dia masih bisa tertular ya dok, padahal udah di imunisasi. Jangan-jangan dia juga bisa kena penyakit lain. Apakah imunisasi yang diterimanya waktu dia masih kecil tidak bekerja dengan baik atau bagaimana.
(Rifki, 30, Bekasi)


JAWAB :
Pada umumnya, efek protektif imunisasi tidaklah mencapai 100% melindungi anak terhadap penyakit. Namun pada anak yang telah diimunisasi memiliki kekebalan yang optimal terhadap serangan penyakit.

Mengenai penyakit campak yang bapak katakan, sebaiknya dipastikan dahulu apakah memang benar campak atau hanya sekedar infeksi virus yang menyerupai campak?     

Pada infeksi virus tertentu dapat saja memberikan gejala yang menyerupai gejala campak. imunisasi yang ada saat ini belum mencakup semua jenis penyakit pada anak, namun telah mencakup penyakit yang dapat berakibat fatal bagi anak dan tumbuh kembangnya.

Dan imunisasi adalah hal yang sangat penting bagi seorang bayi/anak untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit infeksi sehingga mereka dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com