Kompas.com - 03/08/2013, 09:15 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Dok, saya memiliki anak perempuan usia 3,5 tahun. Imunisasinya sudah lengkap semua, tapi 2 minggu lalu ia terkena campak. Badannya panas tinggi berhari-hari sampai 40 derajat. Mengapa dia masih bisa tertular ya dok, padahal udah di imunisasi. Jangan-jangan dia juga bisa kena penyakit lain. Apakah imunisasi yang diterimanya waktu dia masih kecil tidak bekerja dengan baik atau bagaimana.
(Rifki, 30, Bekasi)


JAWAB :
Pada umumnya, efek protektif imunisasi tidaklah mencapai 100% melindungi anak terhadap penyakit. Namun pada anak yang telah diimunisasi memiliki kekebalan yang optimal terhadap serangan penyakit.

Mengenai penyakit campak yang bapak katakan, sebaiknya dipastikan dahulu apakah memang benar campak atau hanya sekedar infeksi virus yang menyerupai campak?     

Pada infeksi virus tertentu dapat saja memberikan gejala yang menyerupai gejala campak. imunisasi yang ada saat ini belum mencakup semua jenis penyakit pada anak, namun telah mencakup penyakit yang dapat berakibat fatal bagi anak dan tumbuh kembangnya.

Dan imunisasi adalah hal yang sangat penting bagi seorang bayi/anak untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit infeksi sehingga mereka dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.