Kompas.com - 14/08/2013, 09:47 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com- Rata-rata  seseorang menderita flu dua sampai empat kali setahun, bergantung pada ketahanan tubuhnya. Meski obat-obatan kimia untuk mengatasi penyakit flu dapat kita temukan dengan mudah, tetapi tak sedikit orang yang lebih memilih cara alami untuk mengurangi gejala flu yang mengganggu.

Sebenarnya penyakit flu bisa diusir dengan cukup istirahat dan banyak minum air putih atau cairan hangat. Namun ada beberapa resep herbal yang bisa kita konsumsi untuk mengurangi gejala flu.

1. Teh herbal

Bahan :
2 bunga krisan kering
1 daun peppermint
Gula merah secukupnya

Pertama, bunga krisan dimasukkan pada air yang mendidih. Selanjutnya daun peppermint menyusul dan direndam selama kurang lebih lima menit. Terakhir gula merah ditambahkan sesuai selera untuk penambah rasa.

2. Teh jahe kayumanis

Bahan:
1  gelas air medidih
Irisan jahe
1 batang kayumais
Sedikit perasan lemon dan gula merah

Semua bahan dimasukkan ke dalam air mendidih. Selanjutnya bisa ditambahkan perasan lemon dan gula merah sesuai selera. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari.

3. Bawang merah
Rempah ini dikonsumsi dalam sirup. Ada dua cara menggunakan bawang merah untuk flu:

a. Tutupi irisan bawang merah dengan gula atau madu selama semalam. Ramuan ini diminum satu sendok teh, sebanyak 3-8 kali sehari

b. Bawang merah besar dibuat jus dengan 1 sendok teh madu. Ramuan ini diminum sesering mungkin dalam jumlah kecil.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.