Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2013, 17:59 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Satu dari empat perempuan mengalami keguguran pada kehamilan pertama. Tak sedikit juga perempuan yang bahkan tidak menyadari telah mengalami keguguran saat hamil untuk pertama kalinya. Sebenarnya, apa saja yang menjadi penyebab keguguran pada kehamilan pertama ini?

* Janin yang tidak berkembang. Ini paling sering terjadi, keguguran terjadi karena janin tidak dapat hidup. Dalam beberapa kasus, janin mungkin mengalami genetik yang tidak stabil atau cacat. Jadi dalam hal ini, keguguran terjadi secara alami guna menyelematkan kesehatan keduanya. Ibu bahkan tidak menyadari bahwa ia telah hamil dan mengalami keguguran bayi.

* Pil Kontrasepsi. Perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu sangat lama dapat mempengaruhi siklus hormonal alaminya. Dan ketika pertama kali hamil, rahim tidak mampu menahan kehamilan. Hal ini biasanya tidak akan terjadi lagi pada kehamilan kedua.

* Tidak menyadari kehamilan. Banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Itu sebabnya, ia tidak berhati-hati dalam melakukan segala aktivitas dan makanan yang dikonsumsinya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab keguguran.

* Masalah kesehatan. Ada perempuan yang memang memiliki kecenderungan keguguran. Mereka mungkin memiliki leher rahim yang lemah atau beberapa masalah kesehatan yang mengarah kepada keguguran. Satu-satunya cara untuk mengetahui bahwa Anda memiliki masalah kesehatan yaitu dengan kehamilan. Dan biasanya, ketika perempuan hamil untuk pertama kalinya, ia akan mengetahui apakah memiliki kecenderungan keguguran atau masalah kesehatan tertentu.

* Kehamilan yang tidak direncanakan. Sebagian besar kehamilan pertama tidak direncanakan. Karenanya berbagai tindakan pencegahan yang perlu dilakukan sebelum hamil tidak dilakukan. Misalnya, jika calon ibu memiliki tiroid tinggi atau tekanan darah tinggi, hal ini bisa membuat kehamilan sangat kritis. Dokter biasanya mengontrol jaringan vital sebelum perempuan mencoba untuk hamil. Karena tidak berencana hamil, berbagai faktor ini dikesampingkan sehingga terjadi lah keguguran pada kehamilan pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com