Kompas.com - 14/09/2013, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Selamat siang dokter, saya ingin bertanya. Saya mengalami keguguran/pendarahan dan saya juga sudah periksa ke dokter. Saya diberi obat untuk mengeluarkan atau membersihkan darah yang masih tersisa di dalam. Sudah 3 hari ini saya masih saja mengeluarkan darah setelah minum obat. Yang jadi pertanyaan saya, apa saya harus melakukan kuret untuk membersihkannya atau tidak? Terima kasih.

Detri Marantika (25), Jakarta


JAWAB:

Ibu Detri Yth,

Pemberian obat untuk membersihkan sisa keguguran biasanya diberikan pada kasus keguguran spontan. Sehingga tidak diperlukan tindakan kuretase. Umumnya obat diberikan untuk 3-5 hari. Tapi bila tetap perdarahan , maka akan dilanjutkan dengan tindakan kuretase. Semoga menjawab pertanyaannya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.