Kompas.com - 02/10/2013, 09:13 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com
- Mengapa pria lebih menginginkan seks ketimbang wanita atau kenapa wanita memiliki kontrol diri yang lebih baik? Pertanyaan tersebut masih diperdebatkan dalam komunitas ilmu pengetahuan tentang seksualitas.

Sebuah studi terbaru para ahli dari University of Texas seakan menemukan jawaban sederhana dari pertanyaan tersebut: pria lebih mudah terangsang.

Menurut studi tersebut, dibandingkan wanita, pria lebih sulit menolak gambar-gambar yang mempertontonkan lawan jenis yang menarik. Ini bahkan terjadi saat mereka diminta untuk tidak melihat gambar-gambar tersebut.

Tes lanjutan menemukan, pria sebenarnya memiliki kontrol diri yang sama dengan wanita. Hanya saja, impuls untuk menerima lawan jenis yang menarik hampir empat kali lebih kuat dibandingkan wanita.

Penulis studi Paul Eastwick mengatakan, teori evolusi mungkin dapat menjawab perbedaan ini. Menurutnya, karena seks dapat menyebabkan kehamilan pada wanita (bebannya ada pada wanita) maka wanita cenderung lebih selektif pada siapa yang bisa tidur dengan mereka.

Eastwick mengatakan, penerimaan sosial pada "hiburan" untuk pria juga membentuk perilaku seks pria yang cenderung lebih impulsif. Hasilnya, sejumlah studi menunjukkan pria pun lebih banyak merayu ketimbang wanita.

Meski misalnya kadar testosteron rendah, kata Eastwick, keinginan untuk bercinta pria tetap tinggi. Kendati demikian, pria masih bisa berlatih untuk meningkatkan kontrol dirinya.

Psikiater dari RS Jiwa Dharmawangsa dr Agnes Tineke, SpJK mengatakan, secara biologis pria lebih mudah terangsang dari wanita. Struktur area otak tertentu di hipotalamus yaitu nukleys suprakiasmatikus pada pria lebih besar sehingga menghasilkan testosteron yang lebih tinggi, sehingga dorongan seksualnya juga lebih tinggi.

"Jika diibaratkan, wanita itu bagaikan kompor listrik, panasnya lama. Sementara pria itu microwave, cepat panas," ujarnya, berkelakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber menshealth

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.