Kompas.com - 19/10/2013, 10:51 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Dok, saya ibu dari dua anak (9 dan 7,5 tahun) dengan riwayat lima kali hamil, tiga kali kuretase karena kehamilan kosong atau Blighted Ovum (BO), dan dua kali melahirkan caesar pada usia 33 dan 34,5 tahun. Saat ini saya hamil sembilan minggu dalam usia 42 tahun. Jika kelak ingin melahirkan dengan cara normal, apakah masih memungkinkan? Atau lebih baik dengan cara caesar lagi? Terima Kasih atas jawabannya.
Amalia Ilmiawati (42), Purwokerto

Jawab:
Ibu Amalia Yth,
Kalau melihat riwayat kehamilan ibu, ini termasuk risiko tinggi. Sangat tidak dianjurkan untuk persalinan normal pada bekas caesar dua kali. Dan dianjurkan untuk Caesar ketiga langsung tubektomi (steril). Saat ini ibu hamil pada usia 42 tahun, ini juga risiko tinggi. Tapi ibu sabar saja, tenang, hadapi hamil dengan penuh pengertian. Upayakan tubuh tetap sehat. Demikian pendapat saya, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.