Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2014, 15:02 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Ada alasan baru untuk membantu Anda berhenti merokok. Kebiasaan merokok ternyata bisa merusak kemampuan indera pengecap.

Sebuah studi yang dimuat di jurnal Chemosensory Perception menunjukkan, para perokok dan mantan perokok memiliki masalah mengenali rasa pahit dari kafein.

Penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti dari Perancis yang menguji kemampuan indera pengecap 451 staf sebuah rumah sakit di Paris. Para partisipan diberi berbagai rasa mulai dari manis, asam, pahit, dan juga rasa asin. Mereka diminta mengenali intensitas dari setiap rasa tersebut.

Ternyata, para perokok dan mantan perokok memiliki kesulitan dalam mengenali rasa pahit. Sementara itu untuk rasa manis, asin, dan asam tidak ada perbedaan dengan pada bukan perokok.

"Perbedaan persepsi dalam merasakan rasa pahit yang dialami perokok dan mantan perokok terkait dengan proses toksin. Toksin dari rokok dihisap berakumulasi sehingga mengganggu indera pengecapan," tulis para peneliti dalam laporannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com