Kompas.com - 02/04/2014, 15:02 WIB
Ilustrasi merokok AFPIlustrasi merokok
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ada alasan baru untuk membantu Anda berhenti merokok. Kebiasaan merokok ternyata bisa merusak kemampuan indera pengecap.

Sebuah studi yang dimuat di jurnal Chemosensory Perception menunjukkan, para perokok dan mantan perokok memiliki masalah mengenali rasa pahit dari kafein.

Penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti dari Perancis yang menguji kemampuan indera pengecap 451 staf sebuah rumah sakit di Paris. Para partisipan diberi berbagai rasa mulai dari manis, asam, pahit, dan juga rasa asin. Mereka diminta mengenali intensitas dari setiap rasa tersebut.

Ternyata, para perokok dan mantan perokok memiliki kesulitan dalam mengenali rasa pahit. Sementara itu untuk rasa manis, asin, dan asam tidak ada perbedaan dengan pada bukan perokok.

"Perbedaan persepsi dalam merasakan rasa pahit yang dialami perokok dan mantan perokok terkait dengan proses toksin. Toksin dari rokok dihisap berakumulasi sehingga mengganggu indera pengecapan," tulis para peneliti dalam laporannya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X