Kompas.com - 12/05/2014, 14:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Paling tidak 70 persen orang akan mengalami nyeri punggung pada suatu saat dalam hidup mereka. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan nyeri punggung, seperti terlalu banyak duduk atau pun posisi tidur yang salah dan sudah berlangsung bertahun-tahun.

Posisi tidur yang tidak tepat bisa menekan punggung dan menyebabkan sakit punggung. Posisi tidur juga berpengaruh pada nyeri punggung yang sudah diderita, entah itu membuat punggung lebih nyaman atau memperburuk sakitnya.

Menyamping

Posisi tidur yang paling umum adalah menyamping dengan kaki dan pinggul berada dalam satu garis dan tertekuk. Posisi ini akan menyebabkan bagian atas kaki tidak tersokong, lutut atas dan pinggul juga cenderung merosot ke depan sehingga bagian punggung bawah berputar.

Putaran ini bisa menyebabkan nyeri pada punggung atau pinggul. Untuk mencegahnya, letakkan bantal diantara lutut dan paha.

Telentang

Jika Anda terbiasa tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut untuk menjaga lengkungan alami pada bagian punggung bawah. Anda juga bisa meletakkan handuk kecil di bawah punggung untuk penopang tambahan. Sangga leher Anda dengan bantal. Posisi ini sangat membantu jika Anda menderita nyeri punggung bawah.

Tengkurap

Tidur tengkurap bisa berdampak negatif pada punggung. Jika Anda tidak bisa tidur dengan posisi lainnya, kurangi tekanan pada punggung dengan meletakkan bantal di bawah panggul dan perut bawah. Gunakan bantal di bawah kepala.

Periksa pula kasur Anda. Kasur harus menyediakan dukungan yang benar, rata, dan tidak melesak ke dalam.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.