Kompas.com - 23/06/2014, 19:51 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Untuk menjadi sehat dan panjang umur, banyak orang percaya bahwa kuncinya ada pada pola makan yang sehat. Salah satu pola makan yang diketahui bisa membuat orang tetap sehat dan berumur panjang adalah diet ala Jepang.

Sebuah studi menemukan, orang Asia Timur rata-rata memiliki harapan hidup yang paling tinggi, yaitu 82,5 tahun. Laju obesitas yang terjadi di sana pun rendah, yaitu hanya 3,5 persen dibandingkan di Inggris. Selain itu, prevalensi penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker payudara, prostat, dan penyakit jantung di Jepang juga sangat rendah dibandingkan dengan di Amerika Serikat. Lantas, apa rahasianya?

Para pakar mengungkap, kebiasaan makan orang Jepang mungkin adalah kunci mereka untuk panjang umur dan sehat.

Fakta pertama, di Jepang hidangan penutup yang disajikan adalah teh hijau atau buah, bukan puding. Porsinya pun rata-rata lebih sedikit daripada makanan barat. Teh hijau dan buah tidak mengandung gula sebanyak puding sehingga asupan gula yang dimakan orang Jepang lebih sedikit.

Banyak studi yang menunjukkan kaitan gula dengan penambahan berat badan yang berhubungan dengan penyakit diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Fakta kedua, orang Jepang mengganti salad dengan rumput laut. Para pakar menemukan hubungan antara kesehatan dan panjang umur orang Jepang dengan kebiasaan mengasup makanan rendah lemak, buah, dan sayuran laut seperti rumput laut. Bahan pangan ini memang mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit dan mengurangi berat badan.

Fakta ketiga, sushi yang menjadi salah satu makanan yang kerap dikonsumsi mampu memberikan banyak manfaat. Sushi merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, penting bagi kesehatan otak dan jantung. Selain itu, menurut Craig Wilcox dari Okinawa Research Center for Longevity Science, sushi juga merupakan sumber protein yang baik, dan minum lemak jenuh.

Selain itu, orang Jepang juga diketahui memiliki kebiasaan berhenti makan sebelum kenyang. Ini mampu menjaga berat badan tetap ideal. Mereka juga rajin berjalan dan naik kendaraan umum karena mengendarai kendaraan sendiri sangat mahal. Diketahui, berjalan merupakan salah satu latihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.