Kompas.com - 15/07/2014, 14:22 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sesudah olahraga atau beraktivitas fisik, lazimnya orang akan merasa lapar. Namun makanan yang dimakan setelah berolahraga seharusnya tidak malah menambah beban kalori. Karena itulah, biasanya orang menyiasati dengan makan lebih sedikit setelah olahraga.

Namun harus diakui, rasa lapar yang timbul setelah olahraga tidak selalu dapat terpuaskan dengan makan sedikit. Kabar baiknya, sebuah penelitian baru menemukan satu cara supaya Anda bisa makan lebih sedikit setelah olahraga, yaitu membuat olahraga lebih menyenangkan!

Dalam sebuah percobaan, 56 orang dewasa diminta berjalan kaki sejauh 2,25 kilometer. Peneliti mengatakan pada setengah peserta jalan kaki itu adalah untuk berolahraga, sedangkan setengah lagi menganggap itu adalah berekreasi. Seusai berjalan, peserta diberikan puding cokelat. Ternyata peserta yang menganggap jalan kaki yang baru saja mereka lakukan adalah olahraga, makan 35 persen lebih banyak daripada peserta yang menganggapnya sebagai jalan-jalan rekreasi.

Dalam percobaan lainnya, 46 orang dewasa diberikan camilan setelah berjalan. Mereka yang menganggap kegiatan tersebut adalah olahraga makan 124 persen kalori lebih banyak dari gula daripada mereka yang mengganggapnya sebagai berekreasi.

Penulis studi Carolina Werle, profesor di Grenoble Ecole de Management di Perancis mengatakan, menilai jalan kaki yang dilakukan sebagai olahraga membuat orang lebih tidak bahagia dan lebih merasa lelah.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Marketing Letters itu pun menemukan, sebagian orang yang ikut program penurunan berat badan biasanya justru akan bertambah berat badannya setelah makan berlebihan setelah olahraga.

Menurut penulis studi lainnya Brian Wansink, direktur Cornell Food and Brand Lab, kunci untuk lebih sedikit makan setelah olahraga adalah dengan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan.

"Lakukan apa yang Anda sukai untuk membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan, misalnya dengan memutar musik, menonton video, atau bahkan sesederhana bersyukur karena masih bisa berolahraga. Apapun yang membuat Anda tersebut selagi berolahraga akan membuat Anda makan lebih sedikit," ungkap Wansink.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber HEALTHDAY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.