Kompas.com - 20/09/2014, 08:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dear Dr. Achmad Mediana, SpOG, Dok saya mau tanya kenapa siklus menstruasi saya selalu tidak lancar. Saya bisa datang bulan 2 bulan sekali bahkan lebih dan setiap kali dateng bulan selalu lama bisa sampai 2 - 4minggu.
 
Saya sudah sering periksa ke dokter dan sampai di USG. Dokter selalu bilang kalau saya hanya masalah hormon akibat kecapean. Tetapi untuk 6 bulan ini saya sudah mengurangi aktivitas saya dan pindah kerjaan yang stay di kantor, tetapi masih masih tidak ada perubahan.? Apa ada penyakit sesuatu dalam diri saya ? Dan Bagaimana mengatasinya?
 
Vini (20), Jakarta


JAWAB:

Dear Viny,
Sebelumnya saya ingin tahu Anda sudah menikah atau belum. Melihat umur, kemungkinan Anda masih Nona ya. Bila dari pemeriksaan fisik sebelumnya di nyatakan normal, maka Anda bisa melanjutkannya dengan pemeriksaan hormonal. Bila hasilnya juga normal, maka tidak perlu khawatir. Tidak perlu mendapat pengobatan.

Anda perlu mendapat pengobatan bila ingin hamil saja. Sekarang yang bisa dilakukan adalah Olahraga, olah gizi dan olah stres secara teratur. Demikian pandangan saya.
Semoga berhasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.