Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2014, 10:54 WIB


TANYA:

 
Dokter, saya mau sharring, saya baru 1 tahun menikah dan kalau menstruasi kenapa ya terasa sakit sekali di perut, bahkan tak jarang sampai muntah-muntah. Waktu dulu sebelum menikah juga sakit seperti ini, tetapi orang-orang bilang nanti kalau sudah menikah akan hilang sendiri rasa sakitnya. Saya juga belum punya anak dok, apa benar sakit pada saat menstruasi yang saya derita ini berdampak saya susah punya anak? Mohon solusinya dokter. Terima kasih.
 
Krisdayanti (27), Tangerang
 

JAWAB:

Ibu krisdayanti yth,
Nyeri haid sering sekali mengganggu wanita. Segera periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya. Bila organ reproduksinya normal, tidak ada miom atau kista, artinya aman. Bila rahimnya ke arah belakang ( retrofleksi ) itu sering menjadi penyebab sakit nya.

Menurut saya, selama tidak ada kelainan fisik, ibu sabar saja. Boleh minum pain killer yang biasa. Upayakan segera hamil karena biasanya setelah melahirkan, keluhannya akan menghilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com