Kompas.com - 02/10/2014, 15:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Sifat mudah curiga dan pencemburu bukan hanya membuat hidup tidak tenang, melainkan juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit alzheimer di kemudian hari.

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dan bisa menyebabkan penderitanya mengalami pikun. Umumnya penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Dalam penelitian terbaru diketahui bahwa orang yang gampang cemas, pencemburu, moody, dan mudah marah pada usia 20-an akan menderita alzheimer pada usia lanjut.

Penelitian ini dilakukan terhadap 800 wanita berusia 30-an dan 50-an. Mereka ditanya mengenai sifat dan kepribadiannya, juga stres yang dirasakan di rumah dan kantor. Pertanyaan tersebut diulang setiap lima tahun sekali.

Ketika penelitian ini berakhir 38 tahun kemudian, sebanyak 153 wanita menderita demensia. Mereka yang memiliki skor paling tinggi pada sifat-sifat neurotik (pencemburu dan pemarah) pada usia pertengahan ternyata yang paling banyak menderita alzheimer.

Orang neurotik yang pemalu dan introvert juga memiliki risiko tinggi. Peneliti mengatakan, mereka yang punya sifat neurotik merasakan stres lebih sering dan ini mungkin berpengaruh terhadap otak mereka. Mereka juga cenderung mempunyai gaya hidup yang tidak sehat.

"Setiap orang tentu pernah mengalami stres atau cemas, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian tertentu seperti neurotik terkait dengan stres jangka panjang," kata Dr Clare Walton, dari komunitas alzheimer.


Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X