Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2014, 17:00 WIB

TANYA:

Dok, saat ini usia suami saya 38 tahun dan kami menikah baru 4 bulan. Saat berhubungan sperma suami saya sedikit bahkan tidak keluar, dan suami saya seorang perokok. Pertanyaan saya, bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Terima kasih atas jawabannya
 
F.Pakpahan (36), Jakarta

JAWAB:

Mohon dijelaskan dari mana Anda tahu kalau spermanya sedikit. Bukankah ketika melakukan hubungan seksual, sperma masuk ke dalam vagina? Apa benar juga sperma tidak keluar? Harap ini dipastikan dulu.

Kalau benar sperma tidak keluar, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, suami mengalami gangguan hambatan ejakulasi. Dalam keadaan begini, biasanya sperma keluar kalau melakukan masturbasi. Kemungkinan kedua, sperma sebenarnya keluar, tetapi masuk ke dalam kandung kencing. Untuk memastikan, ya sperma harus diperiksa, normal atau tidak.

Saya sarankan suami bekonsultasi lebih jauh untuk memastikan apa yang sebenarnya dialami. Setelah pasti apa yang terjadi, barulah dapat diberikan pengobatan yang benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com