Kompas.com - 09/12/2014, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, saat ini usia suami saya 38 tahun dan kami menikah baru 4 bulan. Saat berhubungan sperma suami saya sedikit bahkan tidak keluar, dan suami saya seorang perokok. Pertanyaan saya, bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Terima kasih atas jawabannya
 
F.Pakpahan (36), Jakarta

JAWAB:

Mohon dijelaskan dari mana Anda tahu kalau spermanya sedikit. Bukankah ketika melakukan hubungan seksual, sperma masuk ke dalam vagina? Apa benar juga sperma tidak keluar? Harap ini dipastikan dulu.

Kalau benar sperma tidak keluar, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, suami mengalami gangguan hambatan ejakulasi. Dalam keadaan begini, biasanya sperma keluar kalau melakukan masturbasi. Kemungkinan kedua, sperma sebenarnya keluar, tetapi masuk ke dalam kandung kencing. Untuk memastikan, ya sperma harus diperiksa, normal atau tidak.

Saya sarankan suami bekonsultasi lebih jauh untuk memastikan apa yang sebenarnya dialami. Setelah pasti apa yang terjadi, barulah dapat diberikan pengobatan yang benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.